Analisis Deviant Behavior Dalam Keluarga {Parenting} Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Desa Jati Sari Langkat.

Rita Nofianti*, Sumarno Sumarno, Husna Farisah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penelitian ini mengeksplorasi Deviant Behavior atau perilaku menyimpang pada anak usia dini dan dampaknya terhadap perkembangan sosial dan emosional mereka. Dengan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini mencermati bentuk-bentuk perilaku menyimpang seperti kekerasan fisik (mencubit, memukul), dan faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti lingkungan sosial desa, latar belakang pendidikan, dan pekerjaan. Hasil penelitian menunjukkan dampak negatif perilaku menyimpang terhadap perkembangan sosial dan emosional anak, termanifestasi dalam ketidakpercayaan diri, sifat pemalu, kecenderungan untuk diam, dan perkembangan kognitif yang tidak optimal. Penelitian ini menekankan bahwa perilaku menyimpang adalah hasil dari diferensiasi hubungan dalam keluarga dan berdampak signifikan terhadap perkembangan anak usia dini. Hal ini menunjukkan pentingnya intervensi dini dan pendukung dalam mencegah dan menangani perilaku menyimpang ini.

Keywords


Deviant Behavior, Dalam Keluarga, Perkembangan Sosial Emosional

Full Text:

PDF

References


Adhani, D. N. (2019). Peran Orang Tua terhadap anak usia dini (usia 2 tahun) yang mengalami Picky Eater. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(1), 38–43. https://doi.org/10.31004/AULAD.V2I1.18

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V1I1.28

Andika Sari, D., & Lela Nurjanah, A. (2020). Hubungan Game Online dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 994–999. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V4I2.344

Ariani, F. (2019). Orang Tua Sebagai Penanam Nilai Pancasila Untuk Anak Usia Dini Di Era Digital. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 60–68. https://doi.org/10.15408/JECE.V1I2.12515

Filtri, H. (2017). Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Ibu Yang Bekerja. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 32–38. https://doi.org/10.31849/PAUDLECTURA.V1I1.501

Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.24042/AJIPAUD.V3I1.6500

Fujiawati, F. S., Raharja, R. M., & Iman, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 120–125.

Hana Pebriana, P. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V1I1.26

Harahap, A. S., Nofianti, R., Rahayu, N., & Ginting, D. N. B. (2023). Menggali Kearifan Lokal Etnis Banjar: Peran Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak di Desa Kota Rantang Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 961–969. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.24930

Hura, S., Marde, D., & Mawikere, C. S. (2020). Kajian Biblika Mengenai Pendidikan Anak Dan Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Edulead: Journal of Christian Education and Leadership, 1(1), 15–33. https://doi.org/10.47530/EDULEAD.V1I1.12

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V3I1.152

Ismail, I., Putri, R. S., Zulfadhli, Z., Mustofa, A., Musfiana, M., & Hadiyani, R. (2022). Student Motivation to Follow the Student Creativity Program. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 351–360. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27641

Juliansyah Noor. (2012). Metodologi Penelitian; Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah . PT. Remaja Rosdakarya.

Karina, D. D. (2012). Efektivitas penerapan Project Based Learning (PBL)/pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar anak didik pada mata pelajaran mengatur perjalanan bisnis / Denok Dhamayanti Karina.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28.

Khairunnisa, F., & Fidesrinur, F. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Perilaku Berbagi Dan Menolong Pada Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 33. https://doi.org/10.36722/JAUDHI.V4I1.703

Lexy J. Moleong. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif . PT. Remaja Rosdakarya.

Lindawati, L. (2023). Pengaruh Penggunaan RRP Dapat Meningkatkan Nilai Belajar Siswa Semester Ganjil di MIN 17 Bireuen Tahun Pelajaran 2022-2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 33–52. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24745

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). YaaBunayya Jurnal Anak Pendidikan Usia Dini, volume 3 n, 115–122. https://doi.org/10.24853/YBY.3.2.16-122

Makhmudah, S. (2018). Penguatan Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21274/MARTABAT.2018.2.2.269-286

Mannan, A. (2018). Esensi Tasawuf Akhlaki Di Era Modernisasi. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 4(1), 36–56. https://doi.org/10.24252/AQIDAHTA.V4I1.5172

Massa, N., Rahman, M., & Napu, Y. (2020). Dampak Keluarga Broken Home Tehadap Perilaku Sosial Anak. Jambura Journal Community Empowerment, 1–10. https://doi.org/10.37411/JJCE.V1I1.92.

Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 740–747. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816

Nofianti, R. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edupublisher.

Rohayati, T. (2018). Pengembangan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.17509/CD.V4I2.10392

Salma, Z. (2017). Tanggungjawab Orangtua Dalam Membentuk Kepribadian Anak Perspektif Alquran dan Psikologi. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 1(1), 67. https://doi.org/10.29240/ALQUDS.V1I1.183

Sembiring, S. B., & Kurniawan, M. (2022). Pengembangan Instrumen Elektronik Supervisi Akademik Berbasis Spreadsheet untuk Jenjang TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5220–5232. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I5.2913

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/JGA.2020.52-05

Sulthani, D. A., & Thoifah, I. (2022). Urgency of Stakeholders in Improving the Quality of Education. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 443–451. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27600

Ulfa, M., & Na’imah, N. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.31004/AULAD.V3I1.45

Ulfadhilah, K. (2023). Penanaman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Berbasis Layanan Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3314–3322. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V7I3.4413

Utami, D. T. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas, 1(1), 39. https://doi.org/10.25299/GE.2018.VOL1(1).2258

Wahyudin, U. (2017). Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Membangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan. Jurnal Common, 1(2). https://doi.org/10.34010/COMMON.V1I2.576




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0