Desain Masa Depan Pendidikan Islam Indonesia (Kajian Analisis Pendekatan Sosiologi Antropologi)

Rokhmatul Hikmat*, Didin N Rosidin, Kustoro Kustoro, Cecep Sumarna

Abstract


Ketika umat Islam di Indonesia masih memuncaki pemeluk agama dengan mencatatkan 87%, namun persoalan bangsa masih banyak membelenggu yaitu masalah akhlaq, kemiskinan, pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dan tingkat korupsi yang tinggi, maka menjadi bahan pertanyaan dimanakah kontribusi pendidikan Islam. Apakah pendidikan Islam layak disebut buntu dan tidak memiliki masa depan yang bisa diandalkan untuk menyelesaikan persoalan bangsa. Menggunakan metode library reseach penulis ingin mendalami desain apa yang terbaik untuk masa depan pendidikan Islam di Indonesia, yang sekiranya mampu menjawab persoalan bangsa. Dan hasilnya adalah mengangkat teori-teori pendidikan Islam yang dikemukakan oleh ormas Islam Muhammadiyah, yang terangkum dalam Islam Berkemajuan.


Keywords


Desain Pendidikan, Pendidikan Islam, Islam di Indonesia

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Pendidikan Islam: Paradigma, Berpikir Dan Kesisteman. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 698–713.

Ade, A. M. (2020). Narasi Ekologi: Kiamat Serangga dan Masa Depan Bumi. Samudra Biru.

Akbar, M. A., & Mirsal, I. (2023). Modernisasi Pendidikan Islam Pada Organisasi Muhammadiyah Di Indonesia. Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 70–76.

Aksara, L. P. M. (2019). Fakultas Warung Kopi. GUEPEDIA.

Asril, A., Jaenam, J., Syahrizal, S., Armalena, A., & Yuherman, Y. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300–1309. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25109

Busroh, H. F. F., Khairo, F., Djufri, H. D., Sugianto, H. B., Oktarina, E. V. I., & CANDRA, A. (2022). Hukum Tata Negara. Inara Publisher (Kelompok Intrans Publishing).

Digarizki, I., & Al Anang, A. (2020). Epistemologi Thomas S. Kuhn: kajian teori pergeseran paradigma dan revolusi ilmiah. Jurnal Humanitas, 7(1), 23–34.

Djafri, M. T., BN, A. M. T., Tajuddin, M. S., & Al Rasyid, H. H. (2023). Pemikiran Keagamaan di Indonesia (Analisis terhadap Pemikiran Tradisionalisme dan Modernisme Islam). AL-QIBLAH: Jurnal Studi Islam Dan Bahasa Arab, 2(2), 144–156.

Djulaeka, S. H., & Devi Rahayu, S. H. (2020). Buku Ajar: Metode Penelitian Hukum. Scopindo Media Pustaka.

Harahap, A. S., Nofianti, R., Rahayu, N., & Ginting, D. N. B. (2023). Menggali Kearifan Lokal Etnis Banjar: Peran Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak di Desa Kota Rantang Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 961–969. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.24930

Indriati, K. I., Muchlas, M., & Syuti, M. (2023). Kebiasaan Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1319–1332. https://doi.org/doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25117

Marsan, U. (n.d.). Respon intelektual muslim indonesia terhadap gagasan dan gerakan islamisasi ilmu pengetahuan. Paradigma Institute.

Nurlailah, N., & Ardiansyah, H. (2022). The Influence of the School Environment on Character Form Students in PKN Lessons. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 281–289. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27347

Priyatomo, A. D. (2023). IMPLEMENTASI MODEL COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI CERITA FABEL SISWA KELAS 7-H. Jurnal Impresi Indonesia, 2(6), 518–531.

Putra, A. J. K., & Nursikin, M. (2023). Implementasi Pendidikan Nilai di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 613–619. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24747

Rasyid, R. (2017). Perkembangan Islam di Indonesia. Journal of Cultural Sciences.

Rasyidah. (2014). Potensi Konflik dan Masa Depan Islam di Indonesia. Jurnal Al-Bayan.

Saputri, R. M., Rinenggo, A., & Suharno, S. (2021). Eksistensi Tradisi Nyadran Sebagai Penguatan Identitas Nasional Di Tengah Modernisasi. Civics Education and Social Science Journal (Cessj), 3(2), 99–111.

Setianto, G. (2023). The Effectiveness of HPT Muhammadiyah Studies in Increasing the Understanding of Kaifiyat Thoharoh Residents of Wonosari Kalimojosari Doro. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(2), 667–673. https://doi.org/10.24815/jr.v6i2.30201

Suharto, A. A. W. W., Cahyono, H., & Utami, P. S. (2021). Gerakan Pemuda Muhammadiyah Dalam memperkokoh Identitas Nasional. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 5(2), 494–508.

Suparmun, A. C. A., Sumardjoko, B., & Muthoifin, M. (2021). Nilai-Nilai Islam Berkemajuan dalam Buku Ajar Pendidikan Kemuhammadiyahan SMA/SMK/MA. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 13(2), 343–361.

Toyibah, D., Mushoffa, E., Juniatama, A. G., Sajaroh, W. S., & Farida, A. R. (n.d.). Islam dan Komunitas Muslim Indonesia di Barat. Rajawali Pers.

Yunan, M., Ependi, R., & Amin, N. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 560–569. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24720

Zuhri, A. M., & Wahyudi, W. E. (2021). Artikulasi Teologi Sunni di Indonesia: Sejarah, Ekspresi dan Gerakannya. Journal of Islamic Civilization, 3(2), 122–134.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0