Analisis Kualitas Pelayanan Publik Bagian Kependudukan di Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi

Neni Rosmiati*, R Edy Rachmadio, Tina Septiana, Siti Nurhalimah

Abstract


Artikel ini membahas mengenai pelayanan publik di dalam lembaga pemerintahan Kecamatan Gunung Puyuh, kota Sukabumi. Yang merupakan salah satu instansi pemerintahan yang menyelenggarakan pelayanan publik salah satunya yaitu di bidang kependudukan. Kendala, dalam memberikan pelayanan publik di Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi  yaitu terkendala pada terbatasnya pengetahuan masyarakat tentang prosedur masalah kependudukan misalnya dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu keluarga. Tujuan dalam artikel ini yaitu untuk menganalisi serta mengkaji kualitas pelayanan publik di Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi. Metode dalam artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil kajian dalam artikel ini yaitu pelayanan public yang dilakukan oleh Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi yang berkaitan dengan kesadaran pegawai, adanya aturan, faktor organisasi, faktor kemampuan dan ketrampilan, faktor sarana pelayanan dapat dikatakan berjalan dengan baik. Hal yang harus ditingkatkan yakni memberikan informasi arahan yang detail kepada masyarakat terkait prosedur kependudukan. Di Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi.


Keywords


Gunung Puyuh district, Population, Public Service

Full Text:

PDF

References


Amika, A. W. N., & Riorini, S. V. (2023). Pengaruh Transparansi Green Attributes Terhadap Perilaku Kewarganegaraan Hijau. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2268–2281. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25699

Botutihe, N. (2017). Analisis Efektivitas Pelauanan Publik Pada Rumah Sakit Aloe Saboe Provinsi Gorontalo. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi). 6(1), 1-12 https://doi.org/10.31314/PJIA.6.1.1-12.2017

Djamrut, D. E (2015). INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA. EJournal Ilmu Pemerintahan, 3(3),1472-1486.

Egy Ferdian, Gili Argenti, & Prilla Marsingga (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Bagian Kependudukan Di Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi. (Journal KINERJA). 18(3), 357-362 http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA

Gideon Ambelong Rangan, (2020). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KELURAHAN KANAAN KECAMATAN BONTANG BARAT. (ejournal Ilmu Pemerintahan). 8(2) : 507-520 ISSN 2477-2458 (online), ISSN 2477-2631 (cetak), ejournal.ipfisip-unmul.ac.id@ Copyright 2020.

Hartoyo, R., & Sulistyowati, S. (2023). The Role Of The Legal Aid Post Is In Providing Legal Assistance To Disadvantaged People In Order To Obtain Justice In The Courts Of The Holy Land. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1599–1611. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25236

Hidayattullah, B. H. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Wonocolo Surabaya. JPAP: Jurnal Penelitian Admistrasi Publik, 3(2), 734-739.https://doi.org/10.30996/jpap.v3i2.1253

Nurrachmah, S. (2023). How does lecturer communication style influences students well being? JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1515–1521. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25278

Perdana, Y., Sumargono, S., Pratama, R. A., & Lestari, N. I. (2022). The Gait of Islamic Unions in the Political Stage of the National Movement. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 269–275.

Rizal, A., & Susilahati, S. (2023). Implementation of the Jakarta Elderly Card Program in Meeting the Basic Needs of the Elderly. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(2), 596–605. https://doi.org/10.24815/jr.v6i2.31545

Simanjuntak, H., Pasaribu, K. M. D., & Sitanggang, N. C. (2023). Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Sekolah terhadap HasiL Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Swasta Karya Bhakti Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 628–633. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24752

Syawal, I. (2023). KEKARAENGAN RUMBIA: Study of the Traditional Turatea Government System in Jeneponto. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(2).

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. (n.d). Retrieved September 11, 2021, from http://bpkp.go.id/pustakabpkp/index.php?p=show_detail&id=13006

Kumaya, T. N. (2014). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KECAMATAN TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KERTANEGARA MAHAKAM: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial.

htttps://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/mahakam/article/view/82 Moenir, D. (2006). Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Mohi, W. K., & Mahmud, I. (2018). Kualitas Pelayanan Publik di Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 6(2), 102 .https://doi




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0