Alat Musik Tradisional Gong Genang Sebagai Sumber Inspirasi Perancangan Motif Batik Sumbawa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecendrungan masyarakat lebih menyukai alat musik modern sehingga menjadi rendahnya minat masyarakat akan alat musik tradisional Sumbawa khususnya Gong Genang. Gong Genang merupakan sebutan khusus bagi alat kesenian Sumbawa secara keseluruhan, umumnya terdiri dari sepasang gendang, sebuah gong dan sebuah serunai. Gong Genang digunakan untuk mengiringi acara adat istiadat seperti barodak, nyorong, maupun musik pengiring tari Sumbawa. Metode yang digunakan dalam merancang motif batik ini mulai dari tahap eksplorasi, perancangan dan perwujudan. Melalui penelitian ini maka diharapkan masyarakat Sumbawa dapat terus mengingat, melestarikan, dan memperkenalkan Gong Genang kepada generasi muda melalui media yang baru, yakni Batik. Batik dan motif batik Gong Genang juga dapat mendukung berkembangnya industri batik di Kabupaten Sumbawa yang masih belum dikelola dengan baik, sehingga akan dapat berdampak pada penguatan budaya, seni dan ekonomi masyarakat Sumbawa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akuba, M., & Uno, W. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SDN 15 Tilamuta Kabupaten Boalemo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 945–951. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.24917
Deni, Gustu Rahma. Abdurrozaq. (2023). Istana Dalam Loka Sebagai Ide Perancangan Batik Sumbawa. MAPJ: Melayu Arts and Performance Journal vol. 6, no. 1, 2023, pp. 27-42
Djohan. (2010). Psikologi Musik, Yogyakarta: Penerbit Buku Baik
Fasih, Subagyo. (2004). Terampil Bermain Musik (Untuk Kelas I SMP dan Mts), Surakarta: Tiga Serangkai
Ginting, Selvia Lorena Br & Fauzi Sofyan. (2017). Aplikasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Indonesia Menggunakan Metode Based Marker Augmented Reality Berbasis Android. Majalah Ilmiah UNIKOM, 15(2). Retrieved from https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jurnal-unikom/article/view/554
Glenn, Lauren and Murtiwiyati (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Komputasi. 12, 2 (Dec. 2013), 1–10.
Gunawan, H., & Esabella, S. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Aat Musik Tradisional Sumbawa Berbasis Android. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(1), 73-85. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v18i1.335
Gustami, SP. (2004). Proses Penciptaan Seni Kriya, “Untaian Metodologis”. Yogyakarta: Program Penciptaan Seni Pascasarjana ISI Yogyakarta
Nurainun, Heriyana, dan Rasyimah. (2008). Analisis Industri Batik Di Indonesia. Jurnal Fokus Ekonomi (FE), Vol.7, No. 3, hlm. 124-135.
Hidayat, W., Wandanaya, A. B., & Fadriansyah, R. (2016). Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi Dan Informasi Di Smk Avicena Rajeg Tangerang. Journal Cerita: Creative Education of Research in Information Technology and Artificial Informatics, 2(1), 56-69. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/cerita.v2i1.537
Harahap, A. S., Nofianti, R., Rahayu, N., & Ginting, D. N. B. (2023). Menggali Kearifan Lokal Etnis Banjar: Peran Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak di Desa Kota Rantang Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 961–969. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.24930
Ismail, I., Putri, R. S., Zulfadhli, Z., Mustofa, A., Musfiana, M., & Hadiyani, R. (2022). Student Motivation to Follow the Student Creativity Program. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 351–360. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27641
Jumadi, J. (2023). Revitalisasi Nilai Budaya Suku Cerekang Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 815–821. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24919
Marianto, M.Dwi (2006), Quantum Seni, Semarang : Dahara Prize
Maziyah, Siti. Sri Indrahti. Alamsyah. (2015). Ornamen Mantingan: Koleksi Museum Jawa Tengah Ranggawarsita. Semarang: Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Jawa Tengah.
Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 740–747. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816
Nurlela, N. (2023). Assitulungeng: Studi Tentang Nilai Solidaritas Masyarakat Nelayan Danau Tempe. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 792–798. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24844
Pamilu, Anik. (2007). Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan, Panduan Lengkap Cara Mendidik Anak untuk Orangtua. Yogyakarta : Citra Media.
Raba, Manggaukang. (2002). Fakta-Fakta Tentang Samawa. Mataram: KASA Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa
Sedyawati, Edy. (1992). Petumbuhan Seni Pertunjukan, Jakarta: Sinar Harapan
Setyawan, R. A., & Dzikri, A. (2016). Analisis penggunaan metode marker tracking pada augmented reality alat musik tradisional Jawa Tengah. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(1), 295. https://doi.org/10.24176/simet.v7i1.517
Salma, Irfa’ina Rohana. (2013). Corak Etnik Dan Dinamika Batik Pekalongan (Ethnic Pattern and Dynamics Pekalongan Batik). Jurnal Dinamika kerajinan dan batik Vol. 30 No. 2 tahun 2013, hlm. 87-89.
Wisnawa, Ketut. (2020). Seni Musik Tradisi Nusantara. Bali: Nilacakra
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.26412
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0