Harmonisasi Lingkungan Keluarga dan Implikasinya Pada Moral Dan Karakter Siswa SD Pada Kehidupan Sosial

Noviatul Hikmah*, Salwa Dwi Tarishah, Melinda Rahmah

Abstract


Pada Artikel ini untuk mengetahui bahwa terdapat beberapa pengaruh lingkungan sosial dan harmonisasi keluarga terhadap pembentukan dari karakter anak. Populasi penelitian ini untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini di latar belakangi oleh penanaman pendidikan karakter anak pada kehidupan sosial yang di bimbing oleh harmonisasi keluarga. Keluarga. Yang dimana harmonisasi keluarga memilki peran penting terhadap pembentukan karakter anak yang merupakan implikasi yang di jalani oleh anak dan proses kehidupan seorang anak tidak lepas dari keluarga (orangtua). Karena sebagai besar waktu anak terdapat di dalam keluarga. Orang tua memiliki peran sebagai seorang guru, pembimbing, pengajar, Pembina dan teladan bagi anak- anak nya

Keywords


Harmonisasi, Lingkungan keluarga, Karakter

Full Text:

PDF

References


Ariga, W. (2022). Pengaruh Keharmonisan Keluarga terhadap Kegiatan Belajar Siswa di SMK Negeri 9 Kabupaten Bungo. UNIVERSITAS JAMBI.

Cahyono, H., Suhono, S., & Khumairo, A. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Pelaku Pedofilia (sebuah Strategi dalam Mengatasi Amoral). JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(1), 1–19.

Heru, J., & Tanasyah, Y. (2021). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak Berdasarkan Teori Thomas Lickona. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 1(1), 94–99.

Imamah, Y. H., Pujianti, E., & Apriansyah, D. (2021). Kontribusi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Mubtadiin, 7(02).

Jalal, N. M., Safiah, I., Dhiu, K. D., Sanjayanti, N. P. A. H., Akbar, A., Rame, T., Meka, M., & Tabroni, I. (2022). Teori Perkembangan Peserta Didik. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115.

Juniandari, S., Ramadhani, S., & Hanum, F. (n.d.). ANALISIS PERILAKU SOCIAL WITHDRAWAL PADA ANAK USIA DINI DI TK KEMALA BHAYANGKARI TANJUNG MORAWA. Research in Early Childhood Education and Parenting, 4(1).

Nabila, S. (n.d.). Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IV MI Hayatul Islamiyah. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Setianto, G. (2023). The Effectiveness of HPT Muhammadiyah Studies in Increasing the Understanding of Kaifiyat Thoharoh Residents of Wonosari Kalimojosari Doro. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(2), 667–673. https://doi.org/10.24815/jr.v6i2.30201

Syawal, I. (2023). KEKARAENGAN RUMBIA: Study of the Traditional Turatea Government System in Jeneponto. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(2).

Sulthani, D. A., & Thoifah, I. (2022). Urgency of Stakeholders in Improving the Quality of Education. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 443–451. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27600

PANGESTU, J. E. K. A. (2021). DEL KMOOMUNIKASI PADA ANAK DIFABEL DALAM MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT SURABAYA. Universitas Bhayangkara Surabaya.

Prasetyaningsih, I., & Marlitta Stefia, C. (2022). Strategic Analysis Of The Acquisition Of Pt. Axis Telekom Indonesia By Pt. Xl Axiata. Journal Of World Science, 1(5), 326–332. https://doi.org/10.58344/jws.v1i5.45

Salman, A. (2022). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Melalui Keteladanan. Jurnal Impresi Indonesia, 1(3), 176–183. https://doi.org/10.58344/jii.v1i3.41

Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Waziroh, I. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di RA miftahul ulum 2 tlogosari bondowoso. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(1), 20–42.

Wignjosasono, K. W. (2023). Implementation of the National Insight Values of Hamengku Buwana IX For Character Education. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(2), 653–666. https://doi.org/10.24815/jr.v6i2.31574

Yunan, M., Ependi, R., & Amin, N. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 560–569. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24720

Zuryati, Z. (2023). Pengaruh Penerapan Model Probing-Prompting Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mempelajari Evolusi Pada Kelas XII-MIPA. 1 SMAN 1 Peukan Baro Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 18–32. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24744




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0