Peran Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab pada Mata Pelajaran Ips Siswa di SMP Negeri 2 Saling

Ica Dewi Sari, Ira Miyarni Sustianingsih, Agus Susilo*

Abstract


Dalam penelitian ini dilakukan karena permasalahan yang terjadi dari perkembangan Pendidikan karakter yang diajarkan Guru IPS di SMP Negeri 2 Saling. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengangkat peran Guru IPS dalam penanamkan karakter tanggung jawab melalui proses pembelajaran yang melibatkan Guru IPS Saling dengan didukung oleh karakter-karakter yang ditunjukkan oleh Guru agar penanaman nilai-nilai kebaikan tersebut dapat tercapai. Untuk metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan studi kualitatif. Melalui studi kualitatif ini, peneliti berusaha membahas masalah yang sedang dikaji dengan sumber referensi dari hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara. Untuk menguji keabsahan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber agar data yang didapatkan dapat diolah menjadi lebih baik dan bermakna. Hasil dan pembahasan dalam  penelitian ini dapat diketahui bahwa Guru IPS SMP Negeri 2 Saling dalam memberikan pemahaman terkait Pendidikan karakter tanggung jawab dapat melalui berbagai cara. Pendidikan karakter yang diberikan melalui motivasi kepada peserta didik saat mengajar, melalui sumber belajar dan model pembelajaran, diskusi bersama dan juga memberikan contoh yang baik terhadap karakter tanggung jawab yang harus dijaga oleh peserta didik di SMP Negeri 2Saling. Maka melalui kegiatan-kegiatan yang positif tersebut nantinya dapat membuat peserta didik dapat menjadi contoh yang terpuji dilingkungan masyarakat. Simpulannya adalah Pendidikan karakter tanggung jawab harus dikembangkan dengan baik dengan dukungan semua elemen baik Sekolah, orang tua dan lingkungan masyarakat. Hal ini agar menciptakan masyarakat yang terpuji dan berguna bagi nusa dan bangsa di masa depan.

Keywords


Guru, Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azis, A., Nurasiah, N., Zulfan, Z., Kusnafizal, T., Fahmi, R., & Abdar, Y. (2023). Analysis of Aceh’s Economic Recovery After the Tsunami Disaster and Prolonged Conflict Year, 2005. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(1), 249–261. https://doi.org/10.24815/jr.v6i1.31455

Aryulina, D., & Riyanto, R. (2016). a Problem-Based Learning Model in Biology Education Courses To Develop Inquiry Teaching Competency of Preservice Teachers. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 47–57. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8364

Febriyanti, N., & Suryana, Y. (2022). Persepsi Guru dan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring Era Pandemi (Covid-19) di SDN Cibeureum. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 245–554. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i4.53975

Hasan, S. H. (2019). Said Hamid Hasan Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad Ke 21 M. HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, II(2), 61–72. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/historia.v2i2.16630

Ismail, I., Putri, R. S., Zulfadhli, Z., Mustofa, A., Musfiana, M., & Hadiyani, R. (2022). Student Motivation to Follow the Student Creativity Program. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 351–360. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27641

Jumadi, J. (2023). Revitalisasi Nilai Budaya Suku Cerekang Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 815–821. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24919

Karnegi, D., & Iswahyudi. (2019). Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Imformasi Era Revolusi Industri 4.0 Di Sma Negeri 5 Prabumulih. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 138–147. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/index

Miles dan Huberman. (2014). Analisis data Kualitatif. Jakarta: UI Pers.

Mulyono, D. & A. S. (2021). Multimedia Pembelajaran (Teori dan Praktik dalam Pendidikan). Lubuklinggau: Yayasan Asady Rahmah (ASRA).

Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 799–805.

Nurrachmah, S. (2023). How does lecturer communication style influences students well being? JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1515–1521. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25278

Patillima, H. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Perdana, Y., Sumargono, S., Pratama, R. A., & Lestari, N. I. (2022). The Gait of Islamic Unions in the Political Stage of the National Movement. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 269–275.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, Agus. (2019). Strategi Pembelajaran Kreatif & Inovatif di Perguruan Tinggi. Cirebon: Nusa Litera Inspirasi.

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206

Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476

Zuriah, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis Polysynchronous di Era New Normal. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 12–25. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jmk.v6i1.5086




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0