Evaluasi Program Kompetensi Pedagogi Sebagai Calon Guru Terus Bergerak, Tergerak Dan Menggerakkan (Ttm) Era Kurikulum Merdeka Melalui Pengalaman Lapangan
Abstract
Mahasiswa calon guru diilustrasikan sebagai seseorang yang mampu mentransfer ilmu pengetahuan secara optimal Terus Bergerak, Tergerak dan Menggerakan dalam rangka mencerdaskan generasi yang dipersiapkan untuk keberlangsungan negeri. Penelitian ini berorientasi pada evaluasi kompetensi pedagogi untuk mempersiapkan menjadi calon Guru (TTM) era kurikulum merdeka saat ini. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini menjadi wadah membangun kompetensi pedagogi dalam menyusun perencanaan pembelajaran, menyiapkan prosedur pembelajaran, pengelolaan pembelajaran dan evaluasi terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek perencanaan, pengelolaan dan evaluasi pembelajaran mahasiswa sebagai calon guru TTM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model evaluasi CIPP (context, input, process dan product), Adapun lokasi dalam penelitian ini adalah SMKN kota Bengkulu, yang memiliki jurusan komputer. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Program Studi S1 Pendidikan Komputer, Universitas Dehasen Bengkulu. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa Komponen context, menyatakan bahwa pentingnya naskah kerjasama institusi dan mitra dalam menyediakan dokumen yang berisi hak dan kewajiban masing-masing pihak yang terlibat agar menjadi lingkungan yang kondusif untuk Praktik Pengalaman Lapangan. Komponen Input, menyatakan bahwa Materi dan kurikulum yang disampaikan dalam program pendidikan calon guru telah memberikan dasar yang kuat bagi mahasiswa, sehingga mereka memiliki pemahaman yang memadai tentang konsep dan metode mengajar. Komponen process, menyatakan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan dengan baik, sehingga mahasiswa berkesempatan untuk menerapkan pengetahuan (teori) dan keterampilan yang mereka implementasikan ke lingkungan nyata dan komponen produk, menyatakan mahasiswa calon guru TTM menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan, dimana mereka mampu mengajar dengan Baik, sehingga produk laporan berupa evaluasi dan hasil pelaporan yang diperesentasikan didepan penguji menujukkan hasilnya yang sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asril, A., Jaenam, J., Syahrizal, S., Armalena, A., & Yuherman, Y. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300–1309. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25109
Farida, Kun, (2017). Penerapan Evaluasi Model CIPP terhadap Hasil Belajar pada Program Pembelajaran Fiqih dan Hikmahnay di Kelas X Madarasah Aliyah Paradigma Palembang. http://eprints.radenfatah.ac.id/
Fitriana, Onny, dkk. (2019) Evaluasi Program PKL Penelitian Evaluastif Berdasarkan CIPP pada Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA.
Indriati, K. I., Muchlas, M., & Syuti, M. (2023). Kebiasaan Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1319–1332. https://doi.org/doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25117
Jamali, Yusra. (2018). Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru PAI Pada SMAN Sekota Pangkal Pinang. Vo.17, No.2, 340-358.
Lina, Lina. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengeavaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Vol. 3 Isuue 2 (2019) Pages 346-355.
Lindawati, L. (2023). Pengaruh Penggunaan RRP Dapat Meningkatkan Nilai Belajar Siswa Semester Ganjil di MIN 17 Bireuen Tahun Pelajaran 2022-2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 33–52. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24745
Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 740–747. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816
Putra, A. J. K., & Nursikin, M. (2023). Implementasi Pendidikan Nilai di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 613–619. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24747
Rahman, Rama,dkk. (2019) Evaluation of E-Budgeting Implementation in Provincial Government of DKI Jakarta Using CIPP Model Approach. Vol.20 no.1, Januari 2019.
Rumawatine, Z. (2023). The Effect Of Personal Learning Models On Self-Confidence And Learning Outcomes To Play Soccer In Extracurricular Men’s Soccer. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 864–873.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Widoyoko, S.Eko Putro, dkk. (2012). Pengaruh Kinerja Terhadap Motivasi Belajar Siswa. http://dx.doi.org/10.21831/cp.v5i2.1563
Zuraidah, Etty. (2020) Evaluasi Pnerapan PRAKERIN Program Studi Teknik Komputer Jaringan di SMKN 8 Palang Karaya.
Zuryati, Z. (2023). Pengaruh Penerapan Model Probing-Prompting Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mempelajari Evolusi Pada Kelas XII-MIPA. 1 SMAN 1 Peukan Baro Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 18–32. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24744
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.26310
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.usk.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0