Evaluasi Progam Tracer Study Dengan Pendekatan Cipp

Almaida Vebibina*, Bachtiar Syaiful Bachri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk evaluasi program tracer study di Prodi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Medan dengan menggunakan model CIPP. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metodenya adalah deskriptif analitis dengan metode deskriptif analitis. Sampel yang digunakan adalah tim task force berjumlah 2 dosen, serta menjaring alumni dari tahun 2012-2023 sebanyak 7 mahasiswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumen.  Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.   Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil evaluasi konteks, pelaksanaan program tracer study dikategorikan berjalan dengan maksimal sesuai dengan kriteria evaluasi konteks. Program tracer study mendapat dukungan dari pimpinan Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan, stake holder, kepala laboratorium unit produksi, dosen dan alumni Pendidikan Tata Rias, 2) Hasil evaluasi input terdiri dari sarana dan prasarana, dana atau anggaran, pengelola progam dan pelaksanaan program. Semua unsur-unsur evaluasi input secara keseluruhan berjalan dengan baik dan terus dilakukan evaluasi sehingga program tracer study akan terus berkembang. 3) Hasil evaluasi proses memuat isi kesesuaian pelaksaaan dengan rencana program, kesesuaian kompetensi pengelola program tracer study dan keefektifan Pelaksanaan progam tracer study. Dari masukan yang diberikan bahwa evaluasi proses memiliki tingkat keberhasilan 90% dimana nilai tersebut kategori baik, 4) Hasil evaluasi produk program tracer study di Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Medan dikategorikan pada produk progam tracer study dan outcome program tracer study.


Keywords


Evaluasi Progam, Tracer Study, Model CIPP

Full Text:

PDF

References


Akuba, M., & Uno, W. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SDN 15 Tilamuta Kabupaten Boalemo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 945–951. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.24917

Chandra, R., Renny, & Ruhama, S. (2014). Pengembangan Sistem E-Tracer Study pada Perguruan Tinggi. Konferensi Nasional Sistem Informasi, 394–398. http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/1527

Dahler-Larsen, P. (2011). The evaluation society. Stanford University Press.

Gines, A. C. (2014). Tracer Study of PNU Graduates. American International Journal of Contemporary Research, 4(3), 81–98.

Hapsari, A. M. S., & Putra, C. B. A. (2022). System Design of Tracer Study Development in Higher Education. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 15(1), 50–56. https://doi.org/10.24036/jtip.v15i1.574.

Indriati, K. I., Muchlas, M., & Syuti, M. (2023). Kebiasaan Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1319–1332. https://doi.org/doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25117

Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 740–747. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816

Pattiasina, J., & Sopacua, J. (2022). The Effectiveness Of Problem Based Learning Model In Increasing Historical Learning Outcomes. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 374–380. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.28808

Rizal, A., & Susilahati, S. (2023). Implementation of the Jakarta Elderly Card Program in Meeting the Basic Needs of the Elderly. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(2), 596–605. https://doi.org/10.24815/jr.v6i2.31545

Rukajat, A. (2018). Teknik evaluasi pembelajaran. Deepublish.

Scriven, M. (1991). Evaluation thesaurus. India: SAGE Publications.

Scriven, M. (n.d.). Evaluation Thesaurus Fourth Edition. Unitade State Amerika SAGE Publications.

Siew Fun Tang, S. E. C. (2017). Redesigning Learning for Greater Social Impact: Taylor’s 9th Teaching and Learning Conference 2016 Proceedings. Singapura: Springer Nature Singapore.

Simpson, J., & S. Weiner. (1989). The Oxford English Dictionary (2nd ed.): Vol. II. Oxford: Oxford University Press.

Stufflebeam, D. L., F., M. G., & Thomas, and K. (2000). Evaluation models: Viewpoints on educational and human services evaluation. Springer Science & Business Media.

Taylor-powell, E., Steele, S., & Douglah, M. (1996). Planning a Program Evaluation. University of Wisconsin-Extension - Cooperative Extension, February, 25.

Wijoyo, E. P. (2019). Evaluasi Progam. Yogyakarta: Pustaka Pelaja, 238.

World Bank, I. F. for A. D. (2009). Gender in Agriculture Sourcebook. Ukraina: World Bank Publications.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0