Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Metode Inovatif di Sekolah Menengah Atas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan metode inovatif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah atas dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran dan minat siswa terhadap mata pelajaran ini. Metode inovatif yang digunakan mencakup penggunaan teknologi, media interaktif, simulasi, permainan edukatif, dan kolaborasi antara guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan dua kelompok yaitu kelompok kontrol (metode konvensional) dan kelompok perlakuan (metode inovatif). Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test serta wawancara/angket kepada siswa maupun guru untuk mendapatkan umpan balik tentang efektivitas metode inovatif tersebut. Hasil dari penelitian ini akan dilakukan analisis statistik deskriptif serta uji beda (t-test atau analisis varian) untuk melihat apakah ada perbedaan signifikan dalam pemahaman akhir siswa antara kedua kelompok. Selain itu, juga akan diperoleh informasi tentang minat belajar siswa serta kendala-kendala yang mungkin timbul selama implementasi metode inovatif. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi kepada para guru atau stakeholder terkait dalam mengimplementasikan metode-metode inovatif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah atas, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan minat siswa terhadap mata pelajaran ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifuddin, I. (2014). Otonomi Daerah dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. Risalah, 1(1), 39–49.
Basori, B. (2021). Inovasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(2), 122–131.
Hidayat, T., & Syahidin, S. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Taraf Berfikir Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), 115–136. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-01
Hidayati, U. (2017). Inovasi Madrasah Melalui Penyelenggaraan Madrasah Riset. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(3), 238–255.
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan.
Kuswanto, E., & Romelah, R. (2022). Penggunaan Media Video Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Islam. In Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi (Vol. 5, Issue 2, p. 160). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i2.1701
Miles, M. B. (1992). Analisis Data Kualitatif:Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Penerbit Universitas Indonesia (UI -Press).
Moleong, D. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Muhaimin, & Mujib, A. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofi dan Kerangka Dasar Operasionalnya. Trigenda Karya.
Sanusi, S. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Palopo Provinsi Sulawesi Selatan. Holistik, Journal For Islamic Social Sciences - IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2(2), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/holistik.v2i2.1903
Setiadi, K., Djafri, N., Nawai, F. A., Lamatenggo, N., Panai, A. H., & Ngiu, Z. (2022). Survei Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Menengah Atas. In Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi (Vol. 5, Issue 1, p. 18). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1639
Sritama, I. W. (2019). Konsep Dasar dan Teori Pendidikan Agama Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama & Kebudayaan, 5(1).
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11–21.
Wiriatmadja. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Remaja Rosdakarya.
Yunus, U. K., & Munira. (2021). Inovasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 39–51.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.26283
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0