Hubungan Konsep Diri dan Citra Tubuh pada Remaja Perempuan Generasi Z Penggemar K-Pop

Prajna Paramita, Anugriaty Indah Asmarany

Abstract


Penampilan fisik yang menarik, membuat penggemar K-POP didominasi oleh remaja perempuan yang sangat memperdulikan penampilan fisiknya, generasi Z merupakan generasi yang aktif dalam penggunaan internet. Perhatian yang difokuskan pada penampilan disertai penggunaan internet secara terus menerus membuat remaja perempuan generasi Z penggemar K-POP mudah menginternalisasi standar kecantikan Korea, sehingga rentan akan citra tubuh negatif. Seiring perkembangan, remaja mulai melakukan refleksi terhadap dirinya dan kemudian membentuk pikiran, perasaan serta evaluasi terhadap diri yang disebut konsep diri. Konsep Diri yang positif berperan penting dalam pembentukkan Citra Tubuh positif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Konsep Diri dan Citra Tubuh pada Remaja Perempuan Generasi Z penggemar K-POP. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan sampel penelitian remaja perempuan, berusia 14-21 tahun, lahir pada tahun 2000- 2008, dan merupakan penggemar K-POP dengan jumlah 250 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Pengambilan data menggunakan skala Citra Tubuh dan skala Konsep Diri dengan teknik Likert. Hasil analisis data menggunakan korelasi One Tailed Bivariate Pearson Product- Moment menunjukkan terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Konsep Diri dan Citra Tubuh pada remaja perempuan generasi Z Penggemar K- POP (p=0,000<0,01). Dengan nilai koefisien korelasi (r=0,642). Sehingga semakin tinggi konsep diri maka semakin tinggi Citra Tubuh dan semakin rendah Konsep Diri maka semakin rendah cira tubuh.


Keywords


Self-Concept, Body Image, Generation Z Young Girls K-POP fans

Full Text:

PDF

References


Aristantya, E. K., & Helmi, A. F. (2019). Citra tubuh pada remaja pengguna instagram. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(2), 114-128.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Akuba, M., & Uno, W. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SDN 15 Tilamuta Kabupaten Boalemo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 945–951. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.24917

Burns, R. B. (1993). Konsep Diri: Teori, pengukuran, perkembangan dan perilaku. Jakarta: Arcan.

Cash, T. F., & Smolak, L. (Eds.). (2011). Body image: A handbook of Science, Practice, and Prevention. Inggris: Guilford press.

Chakraborty, R., & De, S. (2014). Body image and its relation with the concept of physical self among adolescents and young adults. Psychological studies, 59(4), 419-426.

Confalonieri, E., Gatti, E., Ionio, C., & Traficante, D. (2008). Body Esteem Scale: a validation on Italian adolescents. Psychometrics: Methodology in Applied Psychology, 15(3), 153-165.

Dewi, P. R. K. (2021) The Role of the Bali’s Korean pop fandom in supporting South Korea’s soft power. Indonesian Perspective, 6(1).

Dwiputeri, L., & Maulina, V. V. R. (2015). Kontribusi body comparison dengan artis k-pop perempuan terhadap body dissatisfaction (studi pada remaja perempuan indonesia fans k-pop). Jurnal Perkotaan, 7(1-2), 58-76.

Ghaderi, A. (2005). Psychometric properties of the self-concept questionnaire. European Journal of Psychological Assessment, 21(2), 139- 146.

Huitt, W. (2009). Self-concept and self-esteem. Educational Psychology Interactive.

Harahap, A. S., Nofianti, R., Rahayu, N., & Ginting, D. N. B. (2023). Menggali Kearifan Lokal Etnis Banjar: Peran Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak di Desa Kota Rantang Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 961–969. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.24930

Indriati, K. I., Muchlas, M., & Syuti, M. (2023). Kebiasaan Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1319–1332. https://doi.org/doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25117

Ismail, I., Putri, R. S., Zulfadhli, Z., Mustofa, A., Musfiana, M., & Hadiyani, R. (2022). Student Motivation to Follow the Student Creativity Program. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 351–360. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27641

Koff, E., Rierdan, J., & Stubbs, M. L. (1990). Gender, body image, and self- concept in early adolescence. The Journal of Early Adolescence, 10(1), 56-68.

Lerner, R. M., & Steinberg, L. (Eds.). (2004). Handbook of adolescent psychology second edition. Kanada: John Wiley & Sons.

Lerner, R. M., & Steinberg, L. (Eds.). (2004). Handbook of adolescent psychology second edition. Kanada: John Wiley & Sons.

Lodi-Smith, J., & DeMarree, K. G. (Eds.). (2017). Self-concept clarity:Perspectives on assessment, research, and applications. Amerika: Springer.

Markus, H., & Wurf, E. (1987). The dynamic self-concept: A social psychological perspective. Annual review of psychology, 38(1), 299-337.

Mendelson, B. K., White, D. R., & Mendelson, M. J. (1996). Self-esteem and body esteem: Effects of gender, age, and weight. Journal of Applied Developmental Psychology, 17(3), 321-346.

Novchi, R. W., Hanafi, K., & Arlizon, R. (2018). The hallyu in pekanbaru: An ethnographic study on Indonesian kpopers parasociality. Prosiding CELSciTech, 3, 44-53.

Novianti, R., & Merida, S. C. (2020). Self-concept dengan Citra Tubuh pada Mahasiswi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 10(1), 11-20.

Novianti, L., & Waliadin, W. (2023). Online Prostitution in the Perspective of Law of the Republic of Indonesia Number 44 Of 2008 On Pornography. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(1), 262–269. https://doi.org/10.24815/jr.v6i1.31457

Nurlailah, N., & Ardiansyah, H. (2022). The Influence of the School Environment on Character Form Students in PKN Lessons. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 281–289. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27347

Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2014). Menyelami perkembangan manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Perdana, Y., Sumargono, S., Pratama, R. A., & Lestari, N. I. (2022). The Gait of Islamic Unions in the Political Stage of the National Movement. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 269–275.

Purnomo, H. (2020). Psikologi peserta didik. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Ricciardelli, L. A., & Yager, Z. (2016). Adolescence and body image: From development to preventing dissatisfaction. Inggris: Routledge.

Ricciardelli, L. A., & Yager, Z. (2016). Adolescence and body image: From development to preventing dissatisfaction. Inggris: Routledge.

Rogers, C. R. (1995). On becoming a person: A therapist's view of psychotherapy. Boston: Houghton Mifflin Harcourt.

Rosenberg, M. (1965). Society and the adolescent self-image. Amerika: Princeton university press.

Santrock, J. W. (2007). Remaja. Jakarta: PENERBIT ERLANGGA

Seemiller, C., & Grace, M. (2018). Generation Z: A century in the making. Amerika: Routledge.

Sobur, A., Darmawan, F., Kusumalestari, R. R., Listiani, E., Ahmadi, D., &Albana, M. A. (2018). The meaning of K-Pop and self-concept transformation of K-Pop fans in Bandung. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 34(2), 414-422.

Stowers, D. A., & Durm, M. W. (1996). Does self-concept depend on body image? A gender analysis. Psychological reports, 78(2), 643-646.

Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., Handoko, A. L., & Santamoko, R. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0. Purwokerto: CV. PENA PERSADA




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0