Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Sway Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills Siswa

Ahmad Ulil Albab

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan kebutuhan media pembelajaran Microsoft Sway dalam peningkatan Critical Thinking Skill siswa kelas X pada mata pelajaran SKI Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau yang umum disebut dengan Research and Development (R&D) Penelitian ini menggunakan level III karena di dalamnya terdapat kerjasama tentang hasil penelitian dengan peneliti lain31 responden dengan diberikan 10 item sampel sebelum menggunakan Microsoft Sway sebesar 27,48 dengan standar deviasi 3,723 sedangkan nilai rata-rata kelompok sampel setelah menggunakan Microsoft Sway sebesar 28,61 dengan standar deviasi 3,263. hasil perhitungan N-gain score di atas, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk perlakuan media belajar Microsoft Sway adalah 0,08 atau 8% dimana masuk ke dalam kategori rendahHasil analisis kebutuhan pada guru dan siswa menunjukkan keduanya setuju bahwa dalam pembelajaran SKI dibutuhkan media pembelajaran berbasis video berwarna melalui aplikasi microsoft sway. Kemudian, penggunaan media berbasis aplikasi microsoft sway pada bahan ajar SKI ini diterima baik oleh guru untuk dikembangkan peneliti sebagai bahan ajar modul yang dapat membantu proses belajar di kelas maupun secara mandiri kepada siswa

Keywords


Media Pembelajaran, Microsoft Sway, Sejarah Kebudayaan Islam dan Critical thinking Skills

Full Text:

PDF

References


Akuba, M., & Uno, W. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SDN 15 Tilamuta Kabupaten Boalemo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 945–951. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.24917

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Aribowo, E. K., & Setianingtyas, A. F. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft® Office 365TM bagi Pendidik di Kabupaten Klaten untuk Mewujudkan 21st Century Learning: Sebuah Langkah Awal. Hilirisasi Hasil Penelitian Melalui Program Pengabdian Berkelanjutan, (November), 111–118. https://doi.org/10.31227/OSF.IO/N3F5W

Arukah, D. W., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Ledu. In Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020 (pp. 1–9). Jakarta.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Penelitian,35(1).

Depdiknas, U. N. P. (2016). Buku Panduan Pedoman Penulisan Tugas Akhir/Skripsi.

DIKDAS, G. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi. Retrieved from http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/pembelajaran-jarak-jauh-selama-masa-pandemi

Indriati, K. I., Muchlas, M., & Syuti, M. (2023). Kebiasaan Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1319–1332. https://doi.org/doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25117

Kay, Denise & Kibble, Jonathan. (2016). Learning theories 101: application to everyday teaching and scholarship. Journal Physiology. 40:1, 17-25.

Kemendikbud. (2015). Modul Materi Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lindawati, L. (2023). Pengaruh Penggunaan RRP Dapat Meningkatkan Nilai Belajar Siswa Semester Ganjil di MIN 17 Bireuen Tahun Pelajaran 2022-2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 33–52. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24745

Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 799–805.

Purwati, R., Hobri, &Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Kadikma,7(1).

Putra, A. J. K., & Nursikin, M. (2023). Implementasi Pendidikan Nilai di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 613–619. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24747

Simanjuntak, H., Pasaribu, K. M. D., & Sitanggang, N. C. (2023). Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasilbelajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Swasta Karya Bhakti Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 628–633. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24752

Supendi, A., & Nurjanah. (2019). Society 5 . 0 : Is It High-Order Thinking ? Global Perspective on 21st Elementary Education, 2(1), 1054–1059.

Sutarti dan Edi. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : DEEPUBLISH.

Veronika, Ferlin. (2021). Pengembangan Pembelajaran Online BerbasisMicrosoft Sway untuk Meningkatkan Prestasi belajar.

Wati, Ega Rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Widodo, J. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Kritis Peserta Didik Dengan Menggunakan Analisis Wacana Kritis (AWK).InProsiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 2(2).

Woro Sri Hastuti, Pujiastuti, P., Tiarani, V. A., Nugroho, I. A., & Herwin. (2021). Pelatihan pengembangan pembelajaran berorientasi Higher- Order Thinking Skills ( HOTS ) bagi guru sekolah dasar. FOUNDASIA, 12(1), 29–36. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i1.36360

Yudi Cahyo Winoto, T. P. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 4(2), 228–238.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.26200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0