Kompetensi Guru Sertifikasi Terhadap Kualitas Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Negeri Suak Pandan Kabupaten Aceh Barat

Mulya Arifah*, Suparta Rasyid, Iskandar Iskandar

Abstract


Judul penelitian ini adalah Kompetensi Guru Sertifikasi Terhadap Kualitas Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Negeri  Suak Pandan Kabupaten Aceh Barat. Masalah yang diteliti adalah bagaimana kompetensi guru sertifikasi terhadap kualitas pembelajaran pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Suak Pandan Kabupaten Aceh Barat. Metode penelitian yang dugunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya meliputi wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru sertikasi. Hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru sertifikasi guru sudah sesuai dengan standar pendidikan nasional, hal terbut terlihat dan didapat oleh guru semenjak berada dilingkungan perkuliahan, baik dari pengalaman mengajar di lingkungan sekolah sebelumnya, serta melalui sekolah dengan memberikan pengenalan dan pelatihan kepada seluruh guru mengenai kompetensi yang harus dimilikinya, seperti  kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Dalam pembelajaran guru sertifikasi sudah menyusun RPP, merancangan strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, pemgembangan bahan ajar atau materi ajar, mempersiapkan media pembelajaran dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran  aktif, kreatif, efektif dan kreatif yang menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Secara umun guru sertifikasi pada SDN Suak Pandan secara umum sudah kompeten sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, hanya satu orang guru sertifikasi yang kurang kompeten, sehingga berpengaruh terhadap  kualitas kegiatan belajar mengajar di SDN Suak Pandan Kabupaten Aceh Barat.

 


Keywords


Kompetensi Guru, Sertifikasi, Kualitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, M. P. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Prenada Media.

Akuba, M., & Uno, W. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SDN 15 Tilamuta Kabupaten Boalemo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 945–951. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.24917

AMALIA, H. (2022). STRATEGI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI SELAMA MASA PANDEMI DI SMA NEGERI 7 KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2022.

Fullan, M. (2008). What’s worth fighting for in headship? McGraw-Hill Education (UK).

Indriati, K. I., Muchlas, M., & Syuti, M. (2023). Kebiasaan Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1319–1332. https://doi.org/doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25117

Jalal, F. (2007). Sertifikasi guru untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu. Medan: Universitas Negeri Medan.

Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.

Mulyasa, H. E. (2017). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013.

Muslich, M. (2007). Sertifikasi guru menuju profesionalisme pendidik. Jakarta: Bumi Aksara.

Nua, F. M. (2020). Tunjangan profesi guru sebagai upaya peningkatan kompetensi guru dan karakter peserta didik. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 250–266.

Nurlailah, N., & Ardiansyah, H. (2022). The Influence of the School Environment on Character Form Students in PKN Lessons. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 281–289. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27347

Rumawatine, Z. (2023). The Effect Of Personal Learning Models On Self-Confidence And Learning Outcomes To Play Soccer In Extracurricular Men’s Soccer. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 864–873.

Samrin, M. P. I., & Syahrul, S. P. I. (2021). Pengelolaan Pengajaran. Deepublish.

Sarimaya, F. (2008). Sertifikasi Guru, Apa, mengapa dan bagaimana. Bandung: Yrama Widya.

Siswandoko, T., & Suryadi, A. (2013). Kompetensi, sertifikasi guru, dan kualitas belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(3), 305–314.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sulthani, D. A., & Thoifah, I. (2022). Urgency of Stakeholders in Improving the Quality of Education. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 443–451. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27600

Usman, H. (2015). Manajemen teori, praktik, dan riset pendidikan Edisi 4. Jakarta: Bumi Aksara.

Widoyoko, S. E. P. (2008). Peranan sertifikasi guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Sertifikasi Guru.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.26198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0