Evaluasi Keefektifan Pemanfaatan Papan Tulis Interaktif dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas Satu SD

Akhmad Basuni*, Muhamad Sofian Hadi, Misriandi Misriandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan penggunaan papan tulis interaktif dalam pembelajaran kosakata Bahasa Indonesia pada siswa kelas satu SD. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen kuasi dan melibatkan dua kelompok siswa kelas satu sebagai sampel penelitian. Satu kelompok menggunakan papan tulis interaktif sebagai alat pembelajaran, sedangkan kelompok lainnya menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan papan tulis biasa. Data dikumpulkan melalui tes kosakata sebelum dan setelah perlakuan serta angket tanggapan siswa terhadap penggunaan papan tulis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan papan tulis interaktif secara signifikan meningkatkan pemahaman kosakata Bahasa Indonesia pada siswa kelas satu. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan papan tulis interaktif menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam penguasaan kosakata dibandingkan dengan siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional. Selain itu, siswa juga memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan papan tulis interaktif, menganggapnya sebagai alat pembelajaran yang menarik dan membantu dalam memahami kosakata. Penemuan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan papan tulis interaktif dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran kosakata Bahasa Indonesia pada siswa kelas satu SD. Penggunaan teknologi ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa, membuat pembelajaran lebih menarik, dan membantu siswa dalam mengingat dan memahami kosakata dengan lebih baik. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya mempertimbangkan penggunaan papan tulis interaktif dalam perencanaan pembelajaran kosakata Bahasa Indonesia di tingkat SD. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran kosakata pada tingkat SD, khususnya pemanfaatan papan tulis interaktif. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi guru dan praktisi pendidikan dalam mempertimbangkan penggunaan teknologi yang tepat dalam pembelajaran kosakata pada siswa kelas satu SD. Penelitian lanjutan juga dapat dilakukan untuk mengeksplorasi pengaruh pemanfaatan papan tulis interaktif dalam pembelajaran bahasa lainnya atau pada tingkat pendidikan yang berbeda.

Keywords


Papan tulis interaktif, Pembelajaran kosakata, Siswa kelas satu di sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Betcher,C and Lee, M. (2009). The Interactive Whiteboard Revolution: Teaching with IWBs, Australia: ACER Press, Chamberwell Victoria

Depdikbud. (1998). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka., 462

Gorys Keraf. (, 2011). “Diksi dan Gaya Bahasa”, Bandung: Angkasa, 64

Kent, P. (2018). Interactive whiteboards in mathematics teaching: Teachers' practices and perceptions. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 37(2), 189-208.

Labov, W. (1994). Principle of Linguistic Change. Volume 1: internal factors. London, USA: Cambridge, MA

Lindawati, L. (2023). Pengaruh Penggunaan RRP Dapat Meningkatkan Nilai Belajar Siswa Semester Ganjil di MIN 17 Bireuen Tahun Pelajaran 2022-2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 33–52. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24745

Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 799–805.

Nurlailah, N., & Ardiansyah, H. (2022). The Influence of the School Environment on Character Form Students in PKN Lessons. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 281–289. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27347

Pattiasina, J., & Sopacua, J. (2022). The Effectiveness Of Problem Based Learning Model In Increasing Historical Learning Outcomes. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 374–380. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.28808

Roberts, Theresia A. (2014). Not so silent after all.Examination and Analysis of the Silent Stage in Childhood Second Language Acquisition. Journal Early Childhood Research Quarterly (29), pp 22-40

Simanjuntak, H., Pasaribu, K. M. D., & Sitanggang, N. C. (2023). Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Swasta Karya Bhakti Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 628–633. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24752

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta : Jakarta. hlm. 309

Zuryati, Z. (2023). Pengaruh Penerapan Model Probing-Prompting Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mempelajari Evolusi Pada Kelas XII-MIPA. 1 SMAN 1 Peukan Baro Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 18–32. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24744




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.26094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0