Implementasi Augmented Reality Terhadap Kemampuan Ranah Kognitif Siswa

Devi Diafani Dishinta*, Muhamad Sofian Hadi

Abstract


Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sangat penting diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.  Seorang guru  bisa menerapkan berbagai teknologi yang saat ini banyak dipakai, salah satunya aplikasi Augmented Reality (AR). Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang membuat siswa bisa praktek langsung dalam bentuk virtual. Augmented Reality adalah penggabungan antara dunia maya dan dunia nyata yang memberikan informasi dengan jelas, menarik, dan edukatif bagi siswa. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman kognitif siswa melalui implementasi Augmented Reality (AR). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melihat suatu permasalahan sesuai dengan kondisi riil. Hasil dalam penelitian ini yaitu siswa yang mempunyai pemahaman kognitif sebelum menggunakan AR hanya 3% menjadi 23%. Kemudian untuk siswa yang mempunyai pemahaman kognitif  sangat rendah, rendah, dan cukup mengalami penurunan dari sebelumnya 58%, 15% dan 14% menjadi 0% dan hanya 3% siswa mempunyai pemahaman kognitif cukup. Media Augmented Reality sebagai media pembelajaran 3D efektif dalam meningkatkan pemahaman kognitif siswa.

Keywords


Augmented Reality, Kognitif, Virtual

Full Text:

PDF

References


Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Volume XVI, Nomor 1.

Astuti, F. (2021). Analisis Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Revisi pada Soal Ujian Sekolah Bahasa Jawa. Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, Volume 9, Nomor 1, 83-99.

Carolina, Y. D. (2023). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Jurnal Karya Ilmiah Guru, Volume 8, Nomor 1, 10-16.

Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Hasanah, Uswatun. (2022). Analisis Hasil Belajar Siswa pada Ranah Kognitif Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, Volume 7, Nomor 2, 298-302.

Lindawati, L. (2023). Pengaruh Penggunaan RRP Dapat Meningkatkan Nilai Belajar Siswa Semester Ganjil di MIN 17 Bireuen Tahun Pelajaran 2022-2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 33–52. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24745

Mardiana., Muhammad, M. A., Sulistiono, W. E., Djausal, G. P. (2020). Augmented Reality Pelacak Lokasi Pustaka dengan AR Marker. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Volume 7, Nomor 1, 77-86.

Mauludim, R., Sukamto, A. S., Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, Volume 3, Nomor 2, 117-123.

Mubaraq, M.R., Kurniawan, H., saleh, A. (2018). Implementasi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Buah-buahan Berbasis Android. IT Journal, Volume 6 Nomor 1, 89-98.

Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 799–805.

Nurlailah, N., & Ardiansyah, H. (2022). The Influence of the School Environment on Character Form Students in PKN Lessons. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 281–289. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27347

Perdana, Y., Sumargono, S., Pratama, R. A., & Lestari, N. I. (2022). The Gait of Islamic Unions in the Political Stage of the National Movement. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 269–275.

Rusnandi, E., Sujadi, Harun., Fibriyany, Eva., Fauzyah, Noer. (2017). Implementasi Augmented Reality (AR) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar. Infotech Journal.

Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. I, Volume 3, Nomor 1, 123-133.

Yunan, M., Ependi, R., & Amin, N. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 560–569. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24720




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.26066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0