Peningkatan kemampuan kerja sama peserta didik melalui media pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dalam materi unsur kebudayaan indonesia pada siswa kelas V di Mi Al Ikhtiar Al Ma’arif 4 Kabupaten Sorong

Miftahul Jannah*, Muhamad Sofian Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerja sama peserta didik melalui media pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dalam materi unsur kebudayaan indonesia pada siswa kelas V di Mi Al Ikhtiar Al Ma’arif 4 Kabupaten Sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tindakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) yang mana dapat meningkatkan kemampuan kerja sama peserta didik. Terbukti dengan aktivitas hasil kerja sama kelompok peserta didik pada kondisi pra siklus dengan kategori tingkat rendah dengan persentase 45,50%. Meningkat pada siklus I pada tingkat kemampuan kerja sama dengan kategori sedang dengan persentase 70,60%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi, tingkat kemampuan kerja sama peserta didik berada pada kategori tingkat tinggi dengan persentase 83,75%. 

Keywords


Peningkatan Kemampuan, Kerja Sama, TGT (Team Games Tournament)

Full Text:

PDF

References


Laila, F., & Rahmat, A. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games Tournament ( TGT ): Meta Analisis Improving Student S ’ Conceptual Understanding Through Teams Games Tournament ( TGT ): Meta Analysis. Manajerial, 3(5), 239–246.

Rohmah, E. A., & Wahyudin, -. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Game Online Terhadap Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Siswa. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 126. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5135

Sugiata, I. W. (2018). Penerapan_Model_Pembelajaran_Team_Game_Tournament_. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78–87.

Widhiastuti, R. F. (2014). TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI METODE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BELAJAR Ratieh Widhiastuti 1 Fachrurrozie 2. IX(1), 48–56.

Bagja Sulfemi, W., & Setianingsih. (2018). Penggunaan Tames Games Tournament (Tgt) Dengan Media Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Komodo Science Education, 01(01), 1–14. http:ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/index.php/jkse

Laila, F., & Rahmat, A. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games Tournament ( TGT ): Meta Analisis Improving Student S ’ Conceptual Understanding Through Teams Games Tournament ( TGT ): Meta Analysis. Manajerial, 3(5), 239–246.

Lindawati, L. (2023). Pengaruh Penggunaan RRP Dapat Meningkatkan Nilai Belajar Siswa Semester Ganjil di MIN 17 Bireuen Tahun Pelajaran 2022-2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 33–52. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24745

Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 799–805.

Nurlailah, N., & Ardiansyah, H. (2022). The Influence of the School Environment on Character Form Students in PKN Lessons. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 281–289. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27347

Putra, A. J. K., & Nursikin, M. (2023). Implementasi Pendidikan Nilai di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 613–619. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24747

Rohmah, E. A., & Wahyudin, -. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Game Online Terhadap Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Siswa. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 126. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5135

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 45–53. https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010

Sugiata, I. W. (2018). Penerapan_Model_Pembelajaran_Team_Game_Tournament_. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78–87.

Sulistyo, I. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pelajaran PKN. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 14–19.

Sulthani, D. A., & Thoifah, I. (2022). Urgency of Stakeholders in Improving the Quality of Education. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 443–451. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27600

Toifur, A., & Kurniawan, W. D. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa. JPTM (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 11(02), 147–153. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/47205

Widhiastuti, R. F. (2014). TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI METODE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BELAJAR Ratieh Widhiastuti 1 Fachrurrozie 2. IX(1), 48–56.

Yuliawati, A. A. N. (2021). Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 356–364. https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868

Yulitri, R., Putri, W. O., Trisoni, R., & Hardi, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Melalui Kegiatan Outbound Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama. Ristekdik (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 5(1), 33–40.

Mulyani, Djumhana, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 38–45.

Noor, M. (2018). Penggunaan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i1.2329

Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.108

Zuryati, Z. (2023). Pengaruh Penerapan Model Probing-Prompting Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mempelajari Evolusi Pada Kelas XII-MIPA. 1 SMAN 1 Peukan Baro Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 18–32. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24744




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.26060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0