Analisis Komparatif Perilaku Komunikasi Verbal di Tempat Kerja Antara Generasi X dan Y di Gerai Pelayanan Operator Seluler Wilayah Priangan Timur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan perilaku komunikasi verbal di Tempat Kerja antar generasi X dan Y di gerai pelayanan operator selular. Komunikasi verbal dianggap sebagai cara berkomunikasi penting dalam lingkungan kerja. Akan tetapi, ternyata kemampuan komunikasi jenis ini tidak dimiliki oleh sebagian lulusan universitas yang akan memasuki dunia kerja. Sehingga potensi hambatan komunikasi dalam organisasi akan sangat mungkin terjadi. Hal ini perlu diantisipasi oleh perusahaan agar upaya pencapaian tujuan perusahaan tidak terganggu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan proportionate stratified random sampling. Pengambilan data dilakukan melalui pembagian kuesioner yang berisi pertanyaan mengenai pengalaman perilaku berkomunikasi karyawan di tempat kerja dengan berdasarkan variabel WCBI (Workplace Communication Behavior Inventory) yang dirumuskan oleh Keyton. Data yang diperoleh diproses dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan perbedaan pola komunikasi verbal yang dikelompokan ke dalam parameter berbagi informasi, menjaga relasi, mengungkapkan emosi negatif dan pengorganisasian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. (2020). Angkatan Kerja (AK) Menurut Golongan Umur. Jakarta.
Baker, K. A. (2007). Organizational communication. Management Benchmark Study, 1-3.
Bencsik, A., & Machova, R. (2016). Knowledge sharing problems from the viewpoint of intergeneration management. ICMLG2016-4th International Conferenceon Management, Leadership and Governance: ICMLG2016, 42.
Bursch, D., & Kelly, K. (2014). Managing the multigenerational workplace.
Deal, J. J. (2007). Retiring the generation gap: How employees young and old can find common ground (Vol. 35). John Wiley & Sons.
Furqon, C. (2003). Hakikat komunikasi organisasi. Hakikat Komunikasi Organisasi, 2(15), 1-9.
Goldhaber, G. M., Porter, D. T., Yates, M. P., & Lesniak, R. (1978). Organizational communication: 1978. Human Communication Research, 5(1), 76-96.
Gravett, L. (2007). Bridging the generation gap. Red Wheel/Weiser.
Heng, C. Y., & Yazdanifard, R. (2013). Generation Gap; Is There any Solid Solution? From Human Relation Point of View. International Journal of Economy, Management and Social Sciences, 2(10), 837-840.
Hills, C., Ryan, S., Warren‐Forward, H., & Smith, D. R. (2013). Managing ‘Generation Y’occupational therapists: Optimising their potential. Australian occupational therapy journal, 60(4), 267-275.
Ismail, I., Putri, R. S., Zulfadhli, Z., Mustofa, A., Musfiana, M., & Hadiyani, R. (2022). Student Motivation to Follow the Student Creativity Program. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 351–360. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27641
Jones, E., Watson, B., Gardner, J., & Gallois, C. (2004). Organizational communication: Challenges for the new century. Journal of Communication, 54(4), 722-750.
Keyton, J., Caputo, J. M., Ford, E. A., Fu, R., Leibowitz, S. A., Liu, T., ... & Wu, C. (2013). Investigating verbal workplace communication behaviors. The Journal of Business Communication (1973), 50(2), 152-169.
Kolnhofer-Derecskei, A., Reicher, R. Z., & Szeghegyi, A. (2017). The X and Y generations’ characteristics comparison. Acta Polytechnica Hungarica, 14(8), 107-125.
Manning, P. K. (1992). Organizational communication. Transaction Publishers.
Mumby, D. K. (2007). Organizational communication. The Blackwell encyclopedia of sociology.
Mumby, D. K., & Kuhn, T. R. (2018). Organizational communication: A critical introduction. Sage Publications.
Nurasiah, N., Kusnafizal, T., Azis, A., Amalina, S. N., Zulfan, Z., & Sakdiyah, S. (2022). Registration of Geographic Indications of Alcohol Beverages from Abroad in Indonesia. Humaniora, 13(2), 145–152. https://doi.org/10.21512/humaniora.v13i2.7718
Papa, M. J., Daniels, T. D., & Spiker, B. K. (2008). Organizational communication: Perspectives and trends. Sage.
Pace, R. W., & Faules, D. F. (2001). Komunikasi Organisasi: strategi meningkatkan kinerja perusahaan.
Pattiasina, J., & Sopacua, J. (2022). The Effectiveness Of Problem Based Learning Model In Increasing Historical Learning Outcomes. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 374–380. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.28808
Rumawatine, Z. (2023). The Effect Of Personal Learning Models On Self-Confidence And Learning Outcomes To Play Soccer In Extracurricular Men’s Soccer. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 864–873.
Simanjuntak, H., Pasaribu, K. M. D., & Sitanggang, N. C. (2023). Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Swasta Karya Bhakti Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 628–633. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24752
Spiro, C. (2006). Generation Y in the Workplace. Defense AT&l, 35(6), 16-19.
Stefaniak, A., & Vetter, C. (2007). Black hole or window of opportunity? Understanding the generation gap in today’s workplace. Policy Briefs. Salt Lake City: University of Utah Center for Public Policy and Administration.
Sugiharjo, R. J. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Kerja. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(1), 150-157.
Venter, E. (2017). Bridging the communication gap between Generation Y and the Baby Boomer generation. International journal of Adolescence and Youth, 22(4), 497-507.
Walter, H. L. (2019). Workplace Communication Behavior Inventory. In Communication Research Measures III (pp. 515-520). Routledge.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.26044
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0