Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II Mata Pelajaran Matematika Materi Konsep Dasar Perkalian Melalui Metode Diskusi Dengan Media Stik Es Krim Di SD Muhammadiyah Kademangaran

Rakhmawati Rakhmawati*, Muhamad Sofian Hadi

Abstract


Berdasarkan ulangan pretes dan wawancara yang telah dilakukan peneliti,  hasil  belajar  siswa kelas II  pada mata pelajaran  materi konsep dasar perkalian  masih sangat rendah. Rendahnya  hasil belajar  siswa   dipengaruhi   oleh   beberapa   faktor   antara   lain   metode   pembelajaran hanya menggunakan ceramah, siswa mengalami kesulitan  dan  rendah  ketertarikan  siswa terhadap  mata  pelajaran  Matematika.  Salah  satu  cara  yang   dapat   dilakukan   guru   untuk menyelesaikan permasalah tersebut adalah menggunakan metode  diskusi  dan  media pembelajaran media Stik Es Krim. Penelitia  PKP  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah metode pembelajaran Diskusi dan media Stik Es Krim dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas II SD Muhammadiyah Kademangaran pada mata pelajaran matematika materi konsep dasar perkalian.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat komponen kegiatan yang harus dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.  Setiap  siklus  pada  penelitian  ini  berlangsung  selama  dua  kali   pertemun   (2JP). Pada  siklus    I    guru menerapkan    metode pembelajaran    ceramahtanpa media pembelajaran  yang  kemudian dilanjutkan  dengan  diskusi  kelompok  kecil  (terdiri  dari   4-5 siswa)  dan  pada  siklus   II   guru menerapkan pembelajaran  dengan   media   Stik   es   Krim yang dilanjutkan dengan diskusi kelompok kecil (4-5 siswa).Hasil percobaan dengan menggunakan media pembelajaran Stik Es Krim terbukti dapat meningkatkan hasil  belajar siswa. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus  I sebesar 60% (12 dari  20 siswa) dan siklus II sebesar 75% (15 dari 20 siswa). Selain itu penerapan media Pembelajaran Stik Es Krim terbukti meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I seban yak 43,58% siswa tergolong aktif, 30,43% siswa tergolong cukup aktif, 17,39% tergolong kurang aktif dan 8,7% siswa tidak aktif sama sekali. Pada siklus II seban yak 8,7 siswa tergolong sangat aktif, 69,57% siswa tergolong aktif, 21,74% siswa tergolong cukup aktif. Dari simpulan data peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar dapat dikatakan bahwa penggunaan media Stik Es Krim dapat meningkatkan Hasil Belajar dalam pembelajaran Matematika Konsep Dasar Perkalian.


Keywords


Capaian Pembelajaran, Diskusi, Stik Es Krim.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. (2007). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Bumi

Aksara Akhadiah, Sabarti. (2001). Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Depdikbud.

Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Chaplin, J.P. (2000). Kamus Lengkap Psikologi, Terjemahan Kartini Kartono,Jakarta: Raja Grafindo Persada

Darmiyati, Zuchdi dan Budiasih. (1997). Pembelajaran dengan Alat Peraga stik es krim. Jakarta: UI Press.

Dhieni, Nurbiana. (2008). Materi Pokok Metode Diskusi. Jakarta: Universitas

Terbuka Hartatik, (2005). Pembelajaran konsep perkalian. Jakarta: Bumi Aksara

Istianah, Lutfi. (2009). Penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran SD Skripsi: Universitas Terbuka.

Lindawati, L. (2023). Pengaruh Penggunaan RRP Dapat Meningkatkan Nilai Belajar Siswa Semester Ganjil di MIN 17 Bireuen Tahun Pelajaran 2022-2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 33–52. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24745

Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 740–747. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816

Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 799–805.

Nurlailah, N., & Ardiansyah, H. (2022). The Influence of the School Environment on Character Form Students in PKN Lessons. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 281–289. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27347

Oemar,Hamalik.(1993). Metode Mengajar dan Kesulitan- kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito Rosdakarya.

Putra, A. J. K., & Nursikin, M. (2023). Implementasi Pendidikan Nilai di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 613–619. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24747

Simanjuntak, H., Pasaribu, K. M. D., & Sitanggang, N. C. (2023). Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Swasta Karya Bhakti Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 628–633. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24752




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.26030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0