Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II Mata Pelajaran Matematika Materi Konsep Dasar Perkalian Melalui Metode Diskusi Dengan Media Stik Es Krim Di SD Muhammadiyah Kademangaran
Abstract
Berdasarkan ulangan pretes dan wawancara yang telah dilakukan peneliti, hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran materi konsep dasar perkalian masih sangat rendah. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain metode pembelajaran hanya menggunakan ceramah, siswa mengalami kesulitan dan rendah ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran Matematika. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk menyelesaikan permasalah tersebut adalah menggunakan metode diskusi dan media pembelajaran media Stik Es Krim. Penelitia PKP ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Diskusi dan media Stik Es Krim dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas II SD Muhammadiyah Kademangaran pada mata pelajaran matematika materi konsep dasar perkalian.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat komponen kegiatan yang harus dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus pada penelitian ini berlangsung selama dua kali pertemun (2JP). Pada siklus I guru menerapkan metode pembelajaran ceramahtanpa media pembelajaran yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok kecil (terdiri dari 4-5 siswa) dan pada siklus II guru menerapkan pembelajaran dengan media Stik es Krim yang dilanjutkan dengan diskusi kelompok kecil (4-5 siswa).Hasil percobaan dengan menggunakan media pembelajaran Stik Es Krim terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus I sebesar 60% (12 dari 20 siswa) dan siklus II sebesar 75% (15 dari 20 siswa). Selain itu penerapan media Pembelajaran Stik Es Krim terbukti meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I seban yak 43,58% siswa tergolong aktif, 30,43% siswa tergolong cukup aktif, 17,39% tergolong kurang aktif dan 8,7% siswa tidak aktif sama sekali. Pada siklus II seban yak 8,7 siswa tergolong sangat aktif, 69,57% siswa tergolong aktif, 21,74% siswa tergolong cukup aktif. Dari simpulan data peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar dapat dikatakan bahwa penggunaan media Stik Es Krim dapat meningkatkan Hasil Belajar dalam pembelajaran Matematika Konsep Dasar Perkalian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. (2007). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Bumi
Aksara Akhadiah, Sabarti. (2001). Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Depdikbud.
Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Chaplin, J.P. (2000). Kamus Lengkap Psikologi, Terjemahan Kartini Kartono,Jakarta: Raja Grafindo Persada
Darmiyati, Zuchdi dan Budiasih. (1997). Pembelajaran dengan Alat Peraga stik es krim. Jakarta: UI Press.
Dhieni, Nurbiana. (2008). Materi Pokok Metode Diskusi. Jakarta: Universitas
Terbuka Hartatik, (2005). Pembelajaran konsep perkalian. Jakarta: Bumi Aksara
Istianah, Lutfi. (2009). Penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran SD Skripsi: Universitas Terbuka.
Lindawati, L. (2023). Pengaruh Penggunaan RRP Dapat Meningkatkan Nilai Belajar Siswa Semester Ganjil di MIN 17 Bireuen Tahun Pelajaran 2022-2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 33–52. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24745
Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 740–747. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816
Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 799–805.
Nurlailah, N., & Ardiansyah, H. (2022). The Influence of the School Environment on Character Form Students in PKN Lessons. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 281–289. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27347
Oemar,Hamalik.(1993). Metode Mengajar dan Kesulitan- kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito Rosdakarya.
Putra, A. J. K., & Nursikin, M. (2023). Implementasi Pendidikan Nilai di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 613–619. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24747
Simanjuntak, H., Pasaribu, K. M. D., & Sitanggang, N. C. (2023). Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Swasta Karya Bhakti Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 628–633. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24752
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.26030
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0