Analisis Implementasi Digital Marketing Melalui Media Sosial Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pada UMKM Nariyah Bakery Madiun

Felix Ardianto*, Adi Santoso, Sri Hartono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi digital marketing melalui media sosial sebagai upaya peningkatan penjualan pada UMKM toko Nariyah Bakery. . Objek sasaran penelitian ini adalah toko Nariyah Bakery Madiun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan pemilik, karyawan bagian promosi dan bagian keuangan di UMKM Nariyah Bakery. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa implementasi strategi digital marketing melalui media sosial yang dilakukan toko Nariyah Bakery memberikan pengaruh positif berupa peningkatan hasil penjualan dan kemudahan dalam proses promosi, selain itu terdapat kendala dalam proses digital marketing yang dilakukan, seperti jaringan internet yang kurang stabil dan kurangnya pemahaman konsumen tentang digital marketing yang menyebabkan kehilangan sebagian target pasar.

Keywords


Digital Marketing; Media Sosial; Sales; UMKM

Full Text:

PDF

References


Arifin, Bustanol. (2019). Strategi Komunikasi Dakwah Da’I Hidayatullah dalam Membina Masyarakat Pedesaan, Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 2 Nomor 2

Ascharisa, Mettasatya Afrilia. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi 1 (1). 147–157

Gunartin. (2017). Penguatan UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 2 (2), 2502–5406.

Hermawan Kartajaya. (2017). Marketing 4.0 Moving Traditional to Digital. New Jersey: John Wiley & Sons.

Kementrian Perindustrian. (2019). Analisis Perkembangan Industri Edisi 1. Retrieved on January 20, 2023 from https://kemenperin.go.id

Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 740–747. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Nasution, Dzukron Hamidan. (2017). The Influence Of Service Quality To Customer Satisfaction First Media In Indonesia (Case Study Triple Play Service In Java Island), e-Proceeding of Management, Volume 4, Number 3

Nurlailah, N., & Ardiansyah, H. (2022). The Influence of the School Environment on Character Form Students in PKN Lessons. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 281–289. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27347

Pattiasina, J., & Sopacua, J. (2022). The Effectiveness Of Problem Based Learning Model In Increasing Historical Learning Outcomes. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 374–380. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.28808

Purwanto, N.P. (2020). Bantuan Fiskal Untuk UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, (12–17), 19–24

Rasyid Harun. (2017). Pengaruh Kualitas dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Jurnal Ecodemica, 1 (2). ISSN : 2355-0295, E-ISSN : 2549-8932

Rasyid, F. (2017). Pengaruh Sosial Media Marketing terhadap Brand Positioning. Ar-Rany

Rumawatine, Z. (2023). The Effect Of Personal Learning Models On Self-Confidence And Learning Outcomes To Play Soccer In Extracurricular Men’s Soccer. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 864–873.

Sanusi, Asih. (2020). The Effect od Profitatibility, Company Size, Company Growth on Firm Value Throught Capital Structure in Food and Baverage Companies on the Indonesia Stock Exchange 2014-2018 Period. International Journal of Advances in Scientific Research and Engineering (ijasre) : 2454-8006. Doi : 10.31695/IJASRE.2020.33876 Volume 6.

Sulthani, D. A., & Thoifah, I. (2022). Urgency of Stakeholders in Improving the Quality of Education. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 443–451. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27600




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.25851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0