Implementasi Nilai Karakter Melalui Pendidikan Agama dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta Deli Serdang

Ira Lestari Lubis*, Manshuruddin Manshuruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui benang merah antara pendidikan karakter dengan Pendidikan Agama dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta Deli Serdang 2) mengetahui implementasi nilai karakter dalam proses pembelajaran pendidikan Agama dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi non partisipatif, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data melalui langkah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relevansi pendidikan karakter dengan pendidikan Agama dan Kemuhammadiyahan di SMP 62 Muhammadiyah pada aspek materi tampak pada ruang lingkup kajian yang meliputi hablum minallah (hubungan dengan Allah), hablum minannas (hubungan dengan manusia), hablum minal’alam (hubungan dengan alam), yang mengandung muatan nilai-nilai karakter bangsa. Adapun implementasi nilai-nilai karkater pada aspek proses pembelajaran dapat diurai ke dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan ditekankan pada adaptasi dan pengembangan RPP yang diarahkan pada penguatan capaian kompetensi ranah afektif dengan muatan nilai-nilai karakter yang dapat diimplementasikan

Keywords


Impelementasi, Nilai Karakter, Pendidikan Agama, Kemuhammadiyahan

Full Text:

PDF

References


Al-Ghazali, A. H. (n.d.). Ihya’ Ulumuddin. Daar at-Taqwa.

Amar, A. (2020). Konsep Implementasi Model dan Integrasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Ibtida’, 1(1), 101–114. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida/article/view/126

Astuti, T. M. P., Kismini, E., & Prasetyo, K. B. (2014). The Socialization Model of National Character Education for Students in Elementary School Through Comic. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 6(2), 260–270. https://doi.org/10.15294/komunitas.v6i2.3305

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Ar-Ruzz Media.

Ismail, I., Putri, R. S., Zulfadhli, Z., Mustofa, A., Musfiana, M., & Hadiyani, R. (2022). Student Motivation to Follow the Student Creativity Program. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 351–360. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27641

Kesuma, D., Triatma, C., & Permana, J. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Remaja Rosda Karya.

Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 115–120. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.614

Milles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analisys: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mualif, A. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Khazanah Pendidikan. JEDCHEM: Journal Education and Chamistry, 4(1), 29–37. https://doi.org/https://doi.org/10.36378/jedchem.v4i1.1889

Nasional, D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Priatmoko, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren Di Madrasah. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v4i1.601

Riadi, A. (2016). Pendidikan Karakter Di Madrasah/Sekolah. Ittihad, 14(26), 1–10. https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i26.868

Ritonga, M., & Darussalam, Z. (2019). Analisis Kritis Penggunaan Sumber Belajar Bahasa Arab dalam Wacana Perkaderan Ulama Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah. Proceding Seminar Internasional Kebahasaan, 200–2012. http://eprints.umsb.ac.id/222/1/Proceding Kemdikbud_merged.pdf

Rouf, M., Said, A., & HS, D. E. R. (2020). Pengembangan Kurikulum Sekolah: Konsep, Model, dan Implementasi. Al-Ibrah, 5(2), 24–41. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/106/83

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosda Karya.

Setiawan, B. A., Tobroni, Yus Mochammad Cholily, & Khozin. (2021). Al-Islam dan Kemuhammadiyahan: Kajian Riset Metakognisi, Efikasi Diri, dan Motivasi Siswa dalam Efektivitas Pembelajaran. Academia Publication.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Sukatin, M., & Al-Faruq, S. S. (2021). Pendidikan Karakter. Deepublish.

Supiana, M. (2011). Pemikiran Islam, Bunga Serampai Pemikiran Pendidikan Indonesia. Dirjen Dikti.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pedidikan Karakter Di Era Milenial. Deepublish.

Syahri, A. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Sistem Islamic Boarding School. Literasi Nusantara.

Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter. Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Zulfarno, Mursal, R. S. (2019). Aktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Al- Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Sma Muhammadiyah Kota Padang. Islamic Education Journal, 1(2), 117–131.

Al-Ghazali, A. H. (n.d.). Ihya’ Ulumuddin. Daar at-Taqwa.

Amar, A. (2020). Konsep Implementasi Model dan Integrasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Ibtida’, 1(1), 101–114. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida/article/view/126

Astuti, T. M. P., Kismini, E., & Prasetyo, K. B. (2014). The Socialization Model of National Character Education for Students in Elementary School Through Comic. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 6(2), 260–270. https://doi.org/10.15294/komunitas.v6i2.3305

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Ar-Ruzz Media.

Kesuma, D., Triatma, C., & Permana, J. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Remaja Rosda Karya.

Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 115–120. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.614

Lindawati, L. (2023). Pengaruh Penggunaan RRP Dapat Meningkatkan Nilai Belajar Siswa Semester Ganjil di MIN 17 Bireuen Tahun Pelajaran 2022-2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 33–52. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24745

Milles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analisys: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mualif, A. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Khazanah Pendidikan. JEDCHEM: Journal Education and Chamistry, 4(1), 29–37. https://doi.org/https://doi.org/10.36378/jedchem.v4i1.1889

Nasional, D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Priatmoko, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren Di Madrasah. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v4i1.601

Putra, A. J. K., & Nursikin, M. (2023). Implementasi Pendidikan Nilai di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 613–619. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24747

Riadi, A. (2016). Pendidikan Karakter Di Madrasah/Sekolah. Ittihad, 14(26), 1–10. https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i26.868

Ritonga, M., & Darussalam, Z. (2019). Analisis Kritis Penggunaan Sumber Belajar Bahasa Arab dalam Wacana Perkaderan Ulama Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah. Proceding Seminar Internasional Kebahasaan, 200–2012. http://eprints.umsb.ac.id/222/1/Proceding Kemdikbud_merged.pdf

Rouf, M., Said, A., & HS, D. E. R. (2020). Pengembangan Kurikulum Sekolah: Konsep, Model, dan Implementasi. Al-Ibrah, 5(2), 24–41. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/106/83

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosda Karya.

Setiawan, B. A., Tobroni, Yus Mochammad Cholily, & Khozin. (2021). Al-Islam dan Kemuhammadiyahan: Kajian Riset Metakognisi, Efikasi Diri, dan Motivasi Siswa dalam Efektivitas Pembelajaran. Academia Publication.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Sukatin, M., & Al-Faruq, S. S. (2021). Pendidikan Karakter. Deepublish.

Sulthani, D. A., & Thoifah, I. (2022). Urgency of Stakeholders in Improving the Quality of Education. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 443–451. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27600

Supiana, M. (2011). Pemikiran Islam, Bunga Serampai Pemikiran Pendidikan Indonesia. Dirjen Dikti.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pedidikan Karakter Di Era Milenial. Deepublish.

Syahri, A. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Sistem Islamic Boarding School. Literasi Nusantara.

Yunan, M., Ependi, R., & Amin, N. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 560–569. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24720

Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter. Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Zulfarno, Mursal, R. S. (2019). Aktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Al- Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Sma Muhammadiyah Kota Padang. Islamic Education Journal, 1(2), 117–131.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0