Gaya Kepemimpinan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Kota Medan

Rizki Akmalia*, Zulqaidah Zulqaidah*, Dian Pratiwi Br. Marpaung, Ella Nurmaini, Hasriyati Harahap, Nurroyian Nurroyian, Rama Satya Tanjung

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai gaya kepemimpinan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Kota Medan. Gaya kepemiminan merupakan salah satu posisi kunci dimana seorang pemimpin harus bisa mempengaruhi, mengarahkan dan menunjukkan kemampuannya agar semua tujuan instansi bisa tercapai sesuai dengan yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk membahas mengenai gaya apa saja yang diterapkan pemimpin dalam sekolah ini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang pada dasarnya menggunakan analisis. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta dilapangan.

Keywords


Gaya kepemimpinan, Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


A.Barizki. (2021). MANAJEMEN PERUBAHAN. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Afandi, R. (2013). KEPEMIMPINAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal INSANIA, 18 (1).

Fahmi. (2013). MANAJEMEN KEPEMIMPINAN TEORI DAN PRAKTEK. Bandung : Alfabeta.

I.Hasbi. (2021). ADMINISTRASI PENDIDIKAN (Tinjauan Teori dan Praktik). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Ismail, I., Putri, R. S., Zulfadhli, Z., Mustofa, A., Musfiana, M., & Hadiyani, R. (2022). Student Motivation to Follow the Student Creativity Program. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 351–360. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27641

Jahari, J & H. A. Rusdiana. (2020). KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM. Bandung : Yayasan Darul Hikam.

Kuswaeri, I. (2017). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(2).

Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 799–805.

Marlina, L, (2013). TIPE-TIPE KEPEMIMPINAN DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN. Jurnal TA’DIB, 8 (2).

Mulyani, S. (2010). KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI. Depok : LSOD.

Nurlailah, N., & Ardiansyah, H. (2022). The Influence of the School Environment on Character Form Students in PKN Lessons. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 281–289. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27347

Nurlela, N. (2023). Assitulungeng: Studi Tentang Nilai Solidaritas Masyarakat Nelayan Danau Tempe. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 792–798. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24844

O. Arifuddin, (2020). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSANSIONAL DENGAN KINERJA. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen Ekonomi dan Akuntansi), 4 (3).

O. Arifuddin. (2021). MANAJEMEN STRATEGI TEORI DAN IMPLEMENTASI. Banyumas : Pena Persada.

Perdana, Y., Sumargono, S., Pratama, R. A., & Lestari, N. I. (2022). The Gait of Islamic Unions in the Political Stage of the National Movement. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 269–275

Ridla, R. M. (2012). SOSIOLOGI HUKUM ISLAM (Analisis Terhadap Pemikiran M. Atho’Mudzhar). Banyuanyar : Jurnal Al-Ihkam, 7 (2).

Syadzili, M. F. R. (2018). MODEL KEPEMIMPINAN DAN PENGEMBANGAN POTENSI PEMIMPIN PENDIDIKAN ISLAM. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 04 (2).

Ushansyah. (2016). KEPEMIMPINAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal AL-ITTIHAD, 14 (6).

Wahyuni, F. & Binti, M. (2021). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Soutnest Asian Journal of Islamic Education Management, 2 (2).

Yusuf, M. (2015). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN. Jurnal Manajer Pendidikan, 9 (1).




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0