Dampak Eksistensi Stain Salatiga Terhadap Perkembangan Pondok Pesantren Di Kota Salatiga Tahun 1997-2015

Dewi Mutiah*, Badrun Badrun, Maharsi Maharsi

Abstract


Banyaknya mahasiswa di STAIN Salatiga tidak hanya berasal dari wilayah Salatiga. Mahasiswa yang bukan berasal dari Salatiga tentunya memilih untuk mendapatkan tempat tinggal selama menempuh pendidikan di Salatiga. Pesantren merupakan lembaga pendidikan nonformal yang bercorak religi Islami, jelas banyak peminatnya. Hal ini karena selain menawarkan hunian sementara seperti kos atau rumah kontrakan, pesantren juga memiliki kurikulum pembelajaran agama Islam yang dapat memperluas wawasannya. Dengan demikian, keberadaan STAIN Salatiga khususnya pertumbuhan jumlah santri sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan pesantren di wilayah Salatiga. metode penelitian menggunakan metode sejarah. Dengan melalui tahapan Heuristik, Verifikasi, Interpretasi, dan Historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peralihan status Fakultas Tarbiyah Salatiga menjadi STAIN Salatiga selain membawa berbagai perbaikan atau perkembangan bagi STAIN Salatiga sendiri juga berdampak pada perkembangan pesantren di Salatiga. Bertambahnya jumlah santri yang tidak seluruhnya berdomisili di Salatiga membuat pilihan menjadi santri di pondok pesantren semakin diminati sehingga jumlah santri di pondok pesantren bertambah. Bertambahnya jumlah mahasiswa jelas membuat kebutuhan akan ruang bertambah sehingga dibangun kamar-kamar baru dan fasilitas lainnya. Di beberapa pesantren Salatiga sendiri, saat ini mayoritas santrinya adalah mahasiswa dari IAIN Salatiga yang sebelumnya adalah STAIN Salatiga.

Full Text:

PDF

References


Daulay, Haidar Putra. (2009). Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Departemen Agama RI. (2003). Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Departemen Agama RI. (1986). Sejarah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tahun 1976-1980, Jakarta: Departemen Agama R.

Gottschalk, Louis. (1975). Mengerti Sejarah, Jakarta: Univ Indonesia Press.

Daliman, A. (2012). Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Hasbullah. (1999). Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers.

Horikoshi.Hiroko. (1987). Kyai dan Perubahan Sosial. Jakarta: P3M.

Jalaludin. (2014). Menggagas Pendidikan Madrasah dan Perguruan Tinggi Islam Masa Depan, dalam jurnal Al-‘Ulum, Vol. 3.

Mashutu. (1999). Dinamika Pendidikan Pondok Pesantren, Jakarta:Bina Aksara.

Maharani. (2009). Lutvia, Pengambilalihan Kota Salatiga dari Kekuasaan Belanda ke Pemerintah Republik Indonesia Tahun 1945-1950 (Thesis). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Qmar, Mujamil. (1996). Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.

Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Moh. Roqieb. (2008). Pengembangan STAIN: antara Tantangan dan Peluang di Indonesia, dalam Jurnal Pemikiran Alternatif Pedidikan, PM3 STAIN Purwokerto: Insania, vol. 13.

Rahardjo, M. Dawan (ed). (1985) Pergulatan Dunia Pesantren: Membangun Dari Bawah, Jakarta: P3M.

Said, Mohamad dan Jumnimar Affan. (1987). Mendidik dari Zaman ke Zaman, Bandung: Jemmars.

Sjamsuddin, Helius, (2012). Metodologi Sejarah Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Ziemek, Manfred. (1983). Pesantren Dalam Perubahan Sosial, Butche B. Soendjojo (terj), Jakarta: P3M.

Wawancara dengan Abdullah (Pengasuh PP Al- Ghufron) di rumah Abdullah pada Senin, 22 Mei 2017.

Wawancara dengan Abdullah Albazy (Pengajar PP Masyitoh) di Tingkir Lor pada Kamis, 1 Juni 2017.

Wawancara dengan Ahmad Ghoni (Pengajar PP An-Nida) di rumah Ahmad Ghoni pada Selasa, 6 Juni 2017.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0