Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Madrasah Melalui Perencanaan Pendidikan Dengan 8 Snp Di Sekolah MIN 8 Kota Medan

Rizki Akmalia*, Dian Pratiwi Br. Marpaung, Ella Nurmaini, Hasriyati Harahap, Nurroyian Nurroyian, Rama Satya Tanjun, Zulqaidah Zulqaidah

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja madrasahnya melalui perecanaan pendidikan dengan menerapkan 8 Standar Nasional pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas menganai dari apa itu peran kepala sekolah dan perencanaan pendidikan melalui 8 SNP. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang pada dasarnya menggunakan alnalisis. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. SNP adalah kriterial minimal tentang sistem pendidikan diseluruh wilayah NKRI, yang meliputi 8 (delapan) muatan standar. Implikasi dari penulisan ini adalah agar bisa mengetahui bagaimana seorang kepala sekolah bisa memerankan kepemimpinannya untuk meningkatkan kinerja madrasahnya melalui perencanaan pendidikan dengan 8 standar nasional pendidikan.

Keywords


Educational Planning, Principal, National Education Standards.

Full Text:

PDF

References


Calhyono, Luki Eko, dkk. (2015), Alnallisis Peneralpaln 8 Stalndalr Nalsionall Pendidikaln Paldal Smp Negeri 2 Dolopo Kalbupalten Maldiun, Jurnall Alkuntalnsi daln Pendidikaln, 4(2), 99.

Julalihal, Siti. (2019). Konsep Kepemimpinaln Kepallal Sekolalh, Jurnall Penelitialn Pendidikaln & Pembelaljalraln, 6(3), 52-53.

Nurhalyalti, dkk. (2022), Kinerjal Kepallal Sekolalh, Disiplin Kerjal Guru Dallalm Meningkaltkaln Mutu Pendidikaln, Jurnall Malnaljemen Pendidikaln daln Ilmu Sosiall, 3(2), 635.

Muzalkalr. (2014), Kinerjal Kepallal Sekolalh Dallalm Meningkaltkaln Mutu Lulusaln Paldal Maldralsalh Tsalnalwiyalh Negeri Meureubo, Jurnall Ilmialh Islalm Futural, 14(1), 114.

Salhnaln, Muhalmmald. (2017), Urgensi Perencalnalaln Pendidikaln di Sekolalh Dalsalr, Jurnall PPKn & Hukum, 12(2), 142-143.

Salnjalyal, Winal, 2006, Straltegi Pembelaljalraln Berorientalsi Stalndalr Proses Pendidikaln. (Jalkalrtal: Kencalnal), 76.

Ralhalrjo, Salbalr Budi. (2018), Calpalialn Stalndalr Nalsionall Pendidikaln Sebalgali Prediktor Mutu Sekolalh, Jurnall Pendidikaln daln Kebudalyalaln, 3(2), 130.

Suyalntal,dkk, 2019, Alnallisis Pencalpalialn 8 Stalndalr Nalsionall Pendidikaln Paldal Pendidikaln Dalsalr Daln Pencalpalialn Stalndalr Pendidikaln Nonformall Di Kalbupalten Temalnggung Jalwal Tengalh. (Tulungalgung), 18-36.

Setiyalti, Sri. (2014), Pengalruh Kepemimpinaln Kepallal Sekolalh, Motivalsi Kerjal, daln Budalyal Sekolalh Terhaldalp Kinerjal Guru, Jurnall Pendidikaln Teknologi daln Kejurualn, 22(2), 202-203.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0