Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Upaya dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global di Sekolah Dasar

Fara Diba Catur Putri*, Nina Nurhasanah

Abstract


Pada era globalisasi yang semakin maju, penting bagi masyarakat untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang berbagai budaya dan kewarganegaraan. Sekolah dasar adalah tempat yang ideal untuk membangun pemahaman ini sejak dini. Literasi budaya dan kewarganegaraan merujuk pada pemahaman tentang berbagai aspek budaya dan nilai-nilai kewarganegaraan, serta kemampuan untuk berinteraksi secara efektif dengan individu dari berbagai latar belakang budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi literasi budaya dan kewarganegaraan sebagai upaya dalam mengembangkan keberagaman global di sekolah dasar.  Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Tiga sekolah dasar di Kabupaten Bandung yang menerapkan program literasi budaya dan kewarganegaraan dipilih sebagai subjek penelitian. Data akan dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait program pendidikan yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi budaya dan kewargaan diimplementasikan dengan pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kooperatif, pendekatan kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah. Program literasi budaya dan kewarganegaraan memiliki kontribusi yang signifikan dalam pengembangan keberagaman global di sekolah dasar diantaranya meningkatkan pemahaman tentang keberagaman, membangun sikap inklusif dan menghormati, pengembangan keterampilan komunikasi antarbudaya dan mendorong perilaku global yang bertanggung jawab.


Keywords


Literasi, Budaya, Kewargaan, Kebhinekaan, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A. (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 10(2).

Arfa, A. M., & Lasaiba, M. A. (2022). Pendidikan Multikultural dan Implementasinya di Dunia Pendidikan. GEOFORUM, 1(2), 36-49.

Azizah, N. R. (2021). Implementasi literasi budaya dan kewargaan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa Madrasah Ibtidaiyah di tengah pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7-16.

Hamid, S. I., Istianti, T., Firmansyah, F., Ismail, H., & Abdilah, F. (2020). Implementasi Model Literasi Kewarganegaraan Berbasis Tradisi Lokal Sunda Melalui Pembelajaran Tembang.

Ismail, I., Putri, R. S., Zulfadhli, Z., Mustofa, A., Musfiana, M., & Hadiyani, R. (2022). Student Motivation to Follow the Student Creativity Program. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 351–360. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27641

Julianto, C. D. (2018). Keterampilan Literasi Media Sosial Untuk Menanamkan Nilai Kebhinekaan. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 109-118).

Nurasiah, N., Kusnafizal, T., Azis, A., Amalina, S. N., Zulfan, Z., & Sakdiyah, S. (2022). Registration of Geographic Indications of Alcohol Beverages from Abroad in Indonesia. Humaniora, 13(2), 145–152. https://doi.org/10.21512/humaniora.v13i2.7718

Nurlela, N. (2023). Assitulungeng: Studi Tentang Nilai Solidaritas Masyarakat Nelayan Danau Tempe. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 792–798. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24844

Perdana, Y., Sumargono, S., Pratama, R. A., & Lestari, N. I. (2022). The Gait of Islamic Unions in the Political Stage of the National Movement. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 269–275.

Pupuh dan Nyanyian Permainan Anak di Jawa Barat. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat: Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat di Masa Pandemi (pp. 30-38). Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan

Safitri, S., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 109-116.

Yunan, M., Ependi, R., & Amin, N. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 560–569. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24720

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1).

Yusuf, R., & Putra, I. (2019, October). Pelaksanaan Literasi Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Kota Banda Aceh. In Prosiding Seminar Nasional “Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia” (Vol. 1, pp. 143-150). Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Yusuf, R., Sanusi, S., Razali, R., Maimun, M., Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan literasi budaya dan kewargaan siswa SMA se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 91-99.

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0