Hubungan Parasosial Antara Fangirl Dan Selebriti K-Pop

Wa Ode Sumirna*, Harri Fajar Maulan, Muh. Rizal Ardiansah Putra

Abstract


Hubungan Parasosial adalah bentuk keterlibatan audiens baik secara sosial dan emosional dimana dalam prosesnya hubungan parasosial memberikan kepuasan tersendiri. Horton dan Wohl mengatakan bahwa dengan menonton program televisi telah merupakan suatu bentuk atas peran hubungan parasosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana hubungan parasosial antara fangirl dan selebriti K-Pop yang ada di kota bau-bau sulawesi tenggara. Peneliti menggunakan teori parasosial Stever. Stever menjelaskan bahwa terdapat tiga alasan utama yang membuat penggemar menyukai idolanya yaitu task attraction, Identification attraction dan romantic attraction. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggemar menyukainya karena bakat, karya dan prestasi, serta manjadikan idolanya sebagai panutan positif dalam hidup nya. Penggemar juga memandang sosok idolanya tidak hanya sebatas figur media saja, tetapi juga seorang teman yang memiliki makna tersendiri di hidupnya. Hasil penelitian juga menunjukkan para penggemar membagikan foto-foto atau video-video sang idola melalui media sosial pribadi masing-masing.

Full Text:

PDF

References


Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), . https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791

Almaida, R., Gumelar, S. A., & Laksmiwati, A. A. (2021). Dinamika psikologis fangirl k-pop. Cognicia, 9(1), https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.15059

Alodokter.com. (2022). No Title.

Cosmopolitan.co.id. (2021). No Title.

Firdayanti, R. (2012). Persepsi Risiko Melakukan E-Commerce dengan Kepercayaan Konsumen dalam Membeli Produk Fashion Online. Journal of Social and Industrial Psychology, 1(1),

Khairil, M., Yusaputra, M. I., & . N. (2019). Efek Ketergantungan Remaja K-Popers Terhadap Media Sosial di Kota Palu. Jurnal ASPIKOM, https://doi.org/10.24329/aspikom.v4i1.484

Kompas.com. (2022). No Title.

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan,

Nuria Astagini, Veronica Kaihatu, Y. D. P. (2017). INTERAKSI DAN HUBUNGAN PARASOSIAL DALAM AKUN MEDIA SOSIAL SELEBRITI INDONESIA. Commnuicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, https://doi.org/https://doi.org/10.21009/communicology.

Paramita, S. (n.d.). Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar ( Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS ).

Perbawani, P. S., & Nuralin, A. J. (2021). Hubungan Parasosial dan Perilaku Loyalitas Fans dalam Fandom KPop di Indonesia. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i1.3056

Sadasri, L. M., & Pemuda, J. S. (2022). Parasocial Relationship dengan Selebritas (Studi Kualitatif pada Praktik Penggunaan Fandom Applications). Jurnal Studi Pemuda. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.

Sagita, A., & Kadewandana, D. (2017). Hubungan parasosial di media sosial: Studi pada fandom army di twitter. CoverAge: Journal of Strategic Communication,

Saifuddin, D. A., & Masykur, A. M. (2014). Interaksi Parasosial. Jurnal EMPATI. https://doi.org/10.14710/empati.2014.

Sari, P., & Purwanti, S. (2022). EFEK HUBUNGAN PARASOSIAL PENGGEMAR KOREAN POP DI MEDIA SOSIAL TWITTER ( Studi Deskriptif pada Fandom EXO-L Samarinda ).

Sehat.com, D. (2022). No Title.

Syafrina, D., Permatasari, D. P., & Dara, Y. P. (2016). Parasosial dan Romantic Beliefs: Studi pada Penonton Serial Drama Korea. Mediapsi,https://doi.org/10.21776/ub.mps.2016.002.02.3

Wardani, E. P., & Kusuma, R. S. (2021). INTERAKSI PARASOSIAL PENGGEMAR K-POP DI MEDIA SOSIAL (Studi Kualitatif pada Fandom Army di Twitter). Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, https://doi.org/10.30813/bricolage.v7i2.2755

Yundita, S. (2018). Encounter Talk Dalam Komunikasi Kelompok Komunitas EXO-L di Surabaya. Jurnal E-Komunikasi.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0