Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna TikTok di kalangan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Buton

Wa Ode Sandri Oktavia*, Harri Fajar Maulana, Wa Nur Fida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku komunikasi pengguna TikTok dikalangan mahasiswa PGSD Universitas Muhammdiyah Buton. Metode penelitian menggunakan pendekatan fenomenologi yang didasari pengalama subjektif yang dialami pada diri individu. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori interaksi simbolik dan konsep diri. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan followers diatas seribu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku mahasiswa program studi pendidikan sekolah dasar pada Universitas Muhammadiyah Buton (UMButon) menggunakan aplikasi Tiktok untuk hal positif dan negatif, hal ini bisa dilihat dari video yang mereka tonton dan mereka upload. Rata-rata mahasiswa menggunakan aplikasi tersebut untuk menonton video yang mengedukasi, misalnya seperti sejarah, pengetahuan tentang agama, sains, dan ilmu yang sesuai dengan prodinya. Namun sisi negatifnya adalah mereka juga memposting video yang berjoget dengan menggunakan almamater kampus, hal ini bisa membawa dampak negatif bagi kampus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Muhammadiyah Buton menggunakan TikTok sebagai hiburan dan juga sarana untuk mendapatkan ilmu yang tepat, cepat, dan mantap.


Full Text:

PDF

References


Herwan, M. D. K., & Herdia, T. P. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 307–312.

Irmawati, A., & Awaru, A. O. T. (2021). PRESENTASI DIRI SECARA ONLINE PADA GURU PENGGUNA TIKTOK DI SMA NEGERI 8 BONE.

Munirah, M. (2022). Fenomena pengguna aplikasi tiktok sebagai ajang eksistensi diri: studi di mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Mataram. UIN Mataram.

Nurmala, M. D., vany Afrizal, S., & Wibowo, T. U. (2022). Dampak Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa. Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika, 8(1).

Pratama, S., & Muchlis, M. (2020). Pengaruh aplikasi tik tok terhadap ekspresi komunikasi mahasiswa universitas islam negeri (uin) sunan ampel surabaya tahun 2020. INCARE, International Journal of Educational Resources, 1(2), 102–115.

Putra, R., & Nurfebiaraning, S. (2017). Konsep Diri Pengguna Snapchat (studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Aktif Program Studi Ilmu Komunikasi Telkom University). EProceedings of Management, 4(1).

Ramadanti, R. (2022). Analisi Perilaku Komunikasi Komunitas Sahabat Netra (Studi Etnografi Komunikasi). Universitas Hasanuddin.

Risnawati, W. S., Purbasari, I., & Kironoratri, L. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa SD N 2 Temulus. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3029–3036.

Rorimpandey, P. A., & Kalangi, J. S. (2016). Perilaku Komunikasi Mahasiswa Pengguna Sosial Media Path (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Sam Ratulangi). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(3).

Zaputri, M. (2021). Dampak Kecanduan Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Iain Batusangkar.

Zubair, Z., Pratama, A. P., Ar-Rayyan, H. J., & Yustin, A. (2022). Wisata Intelektual dalam Membentuk Karakter Sikap dan Etika Mahasiswa yang Responsif pada Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Buton. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 1(4), 25–31.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0