MINAT MAHASISWA SEJARAH TERHADAP PRODI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

Isnawati ,, Anwar Yoesoef, Nurasiah ,

Abstract


ABSTRAK

Sesuai dengan judul yang diangkat yaitu “Minat Mahasiswa Sejarah Terhadap Prodi Sejarah FKIP Unsyiah”, maka tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui minat mahasiswa sejarah terhadap Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Unsyiah (2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi dan menghambat minat mahasiswa sejarah terhadap Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Unsyiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dengan teknik angket. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: Segi minat, dari 74 responden, 38 orang menjawab berminat, 17 orang sangat berminat, 14 orang kurang berminat dan 5 orang tidak berminat. Segi proses belajar mengajar, dari 74 responden 34 orang berminat, 27 orang  sangat berminat, 11 orang kurang berminat dan 2 orang tidak berminat. Segi minat selain Prodi Pendidikan Sejarah, dari 74 responden 36 orang kurang berminat 18 orang berminat, 15 orang sangat berminat dan 5 orang tidak berminat. Segi kunjungan terhadap situs bersejarah, dari 74 responden 38 orang pernah, 21 orang jarang, 15 orang sering dan 2 orang tidak pernah. Segi layanan dari 74 responden 42 orang merasa puas, 15 orang kurang memuaskan, 10 orang sangat memuaskan dan 8 orang tidak memuaskan. Segi sarana dan prasarana, dari 74 responden 25 orang sangat memuaskan, 17 orang memuaskan, 17 orang kurang memuaskan dan 10 orang tidak memuaskan. Segi metode mengajar para dosen, dari 74 responden 23 orang menyenangkan, 25 orang sangat menyenangkan, 11 orang kurang menyenangkan dan 6 orang tidak menyenangkan. Segi tempat tinggal, dari 74 responden 35 orang mempengaruhi, 26 orang kurang mempengaruhi, 8 orang tidak mempengaruhi dan 5 orang sangat mempengaruhi. Segi Prodi Sejarah salah satu pilihan utama mahasiswa, dari 74 responden 39 orang bisa jadi, 18 orang iya, 17 orang meragukan/mungkin dan 3 orang menjawab bukan salah satu pilihan utama. Segi Prodi Sejarah sebagai pilihan utama, dari 74 responden 47 orang bisa jadi, 23 orang meragukan/mungkin, 4 orang tidak/bukan dan 1 orang ya. Segi Prodi Sejarah sebagai pilihan akhir, dari 74 responden 29 orang tidak/bukan, 24 bisa jadi, 14, orang mungkin dan 7 orang ya. Segi dukungan orang tua, dari 74 responden 33 orang orang tua mendukung, 24 orang menjawab sangat mendukung, 12 orang dan 6 orang tidak ada dukungan. Segi paksaan, dari 74 responden, 34 orang ya, 18 orang tidak ada paksaan, 14 orang, bisa jadi dan 8 orang mungkin/meragukan. Segi faktor lain, dari 74 responden terdapat 19 orang ada faktor lain, 18 orang bisa jadi,  16 orang mungkin dan 11 orang tidak ada. Segi aktivitas perkuliahan, dari 74 responden 31 orang menikmati aktivitas 17 orang dan 15 orang menjawab sangat menikmati dan 11 orang yang menjawab kurang menikmati.

 

Kata Kunci : Minat, Mahasiswa Sejarah, Prodi Pendidikan Sejarah.
                       

ABSTRACT

 

            In accordance with title raised the "Student interest in History Against Prodi FKIP University History", then the purpose of this research is (1) to find out students interest in history against Prodi history education FKIP University (2) to find out the factors that affect and inhibit students ' interest in history against Prodi history education FKIP University. This research uses a quantitative approach with a descriptive method. Data collection techniques with question form. On the basis of the research results can be known that: in terms of interests, from 38 respondents, 74 people answer interested, 17 people are very interested, 14 people are less interested and 5 people are not interested. In terms of the teaching and learning process, of the 34 respondents 74 people interested, 27 people are very interested, 11 people are less interested and 2 people are not interested. In terms of interest in addition to the educational status of history, of the 36 respondents 74 people less interested in 18 people interested, 15 people are very interested and 5 people are not interested. In terms of the visit against the historic sites of respondents 74 38 people ever, 21 people are rare, 15 people often and 2 people is never. In terms of service of the respondents 42 74 people were satisfied, 15 people are less satisfactory, 10 people are very satisfactory and 8 people are not satisfactory. In terms of infrastructure, of respondents 74 25 people highly satisfactory, satisfactory, 17 17 less satisfactory and 10 people are not satisfactory. In terms of the method of teaching professors, from 23 respondents 74 people fun, very pleasant people 25th, 11 people are less pleasant and unpleasant person 6. In terms of place of residence, from 74 respondents 35 people influence, 26 people less influenced, 8 people does not affect and 5 people greatly influences. In terms of the Historical status of one of the main options for students, from 74 respondents 39 people could so, 18 people Yes, 17 people doubt/probably 3 people responded and not one of the main options. In terms of the status of history as the premier choice of 74 47 respondents, people can be so dubious people/23 May, 4 people are not/not and one person Yes. In terms of the status of history as the final choice, from 74 respondents 29 no/not, 24 may, 14, people may and 7 people Yes. In terms of support to parents, from 33 respondents 74 people parents support, 24 people responded very supportive, 12 and 6 people there is no support. In terms of coercion, of 74 respondents, 34 people Yes, 18 people there is no coercion, 14 people, could be and probably 8 people/dubious. In terms of other factors, from 74 respondents there were 19 people there were other factors, 18 people could so, 16 May and 11 people does not exist. In terms of activities and associated costs, of 31 respondents 74 people enjoy the activity of 17 people and 15 people responded very much enjoyed and 11 people who answered less enjoy.

 

Keywords: Interests, Student Of History, Educational Status
                       
History.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu., Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Djaali, 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djufri, dkk, 2016. Pedoman Penulisan Skripsi.Banda Aceh: Unsyiah.

Hurlock , E.B, 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Martono, Nanang. 2010. Metode Penelitian kuantitatif analisis isi dan analisis data sekunder. Jakarta:PT. RajaGrafindo Persada.

Nawawi, Hadari. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Salmi, Hajjah (2015). Hubungan Minat Dan Sikap Mahasiswa Terhadap Prodi Bk Dengan Prestasi Belajar(Suatu Studi Penelitian Pada Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Universitas Syiah Kuala). Skripsi. Banda Aceh: Unsyiah.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sjamsuddin, Helius. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineca Cipta.

Soemanto, Wasty .2004. Pedoman Teknik Penulisan Skripsi (Karya Ilmiah). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/21028 (diakses tanggal 20 Nov 2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0