Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Pada SD Negeri 2 Kema Kabupaten Minahasa Utara

Ernny Ningsy Tangkudung*, Elni J. Usoh, Shelty D. M Sumual

Abstract


Manajemen berbasis sekolah (MBS) telah menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kreativitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses penyusunan perencanaan, pelaksanaan, partisipasi masyarakat, dan faktor pendukung dalam pelaksanaan MBS di SD Negeri 2 Kema, Kabupaten Minahasa Utara. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru di SD Negeri 2 Kema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan dalam penerapan MBS meliputi penetapan visi, misi, tujuan, dan sasaran, serta melakukan asesmen tentang kekuatan, hambatan, peluang, dan tantangan yang dihadapi sekolah. Pelaksanaan MBS di SD Negeri 2 Kema meliputi penyusunan RAPBS, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, dan melibatkan komite sekolah. Partisipasi masyarakat atau komite sekolah memiliki tugas dan fungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan di satuan pendidikan. Faktor pendukung dan penghambat implementasi MBS di SD Negeri 2 Kema meliputi dukungan dari warga sekolah, wali siswa, dan komite sekolah, serta adanya kerjasama dengan pihak lain dalam mencari dana dan ekstrakurikuler.

Full Text:

PDF

References


Abu, Ibtisan & Duhou. (2002). SchoolBased Management. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Fiske, E.B. (1998). Decentralization of Education, Politics and Consensus. Washington, D.C. : The

International Bank for Reconstruction.

Fattah, N. (2004). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Mulyasa, E. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, Dan Implementasi. Bandung. Remaja Rosdakarta.

Nurkolis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi. Jakarta: PT Grasindo.

Amiruddin Siahaan. (2006). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah, Ciputat: Ciputat Press Group

Anonim. (2002). Pedoman Pengembangan Manajemen Sekolah, Jakarta: Depdiknas, Dirjen Dikdasmen

Baedhowi. (2010). Manajemen Berbasis Sekolah Jakarta: Direktorat Jenderal PMPTK

Departemen Pendidikan Nasional

Budi Raharjo. (2004). Manajemen Berbasis.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0