Faktor Pemilihan Pemasok Dan Pengaruhnya Pada Keuntungan Toko Ritel Tradisional

Azhar Khilal Kurniawan*

Abstract


Benturan yang terjadi antara pemilik ritel tradisional dan ritel modern telah sering didengar. Pada era digital saat ini dengan tingkat persaingan yang semakin tinggi, ritel tradisional perlu menentukan keunggulan kompetitif mereka untuk dapat tetap bertahan dalam pasar. Salah satu cara adalah ritel tradisional perlu merumuskan keunggulan kompetitif dengan kriteria pemilihan pemasok. Pemilihan pemasok bertujuan untuk meningkatkan kinerja pemasok agar terhindar dari risiko dan meningkatkan kerjasama serta mendapatkan keuntungan yang maksimal. Memilih pemasok yang tepat memainkan peran kunci dalam bisnis karena dapat mengurangi harga satuan dan meningkatkan daya saing harga. Pada penelitian ini, kriteria pemilihan pemasok yang diteliti adalah Kualitas, Kuantitas, Pengiriman dan Biaya. Lokasi penelitian ini terbatas pada Desa Cimanggis, Bojonggede, Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental menggunakan studi kasus dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif Best-worst method dan analisis regresi linear berganda yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data numerik dalam menjawab pertanyaan penelitian. Terdapat perbedaan hasil dari analisis data dengan Best-worst method dan analisis regresi linear berganda. Pada analisis best-worst method kriteria C1 (Kualitas) dan kriteria C3 (Biaya) sebagai kriteria terbaik, sementara itu kriteria C2 (Kuantitas) dan C4 (Pengiriman) bergantian dipilih menjadi kriteria terburuk dalam menjadi pertimbangan memilih pemasok pada toko retail tradisional di lokasi penelitian. Pada kriteria terbaik yang paling banyak dipilih partisipan dilihat menarik bagi penulis karena para partisipan atau pemilik toko ritel tradisional menginginkan kualitas yang terbaik namun juga dengan pertimbangan biaya karena kondisi yang terbentur oleh masalah modal yang terbatas, sebaliknya kriteria kuantitas dan pengiriman merupakan kriteria yang dianggap paling buruk karena kebanyakan partisipan melakukan pembelian barang ke pasar atau toko grosir sekitar sehingga tidak membutuhkan jasa pengantaran dan tidak memperhatikan kuantitas yang dibeli karena pembelian harus mengikuti ketentuan minimal kuantitas pembelian dari pemilik toko grosir. Pada analisis regresi linear berganda kriteria C2 (Kuantitas) dan C3 (Biaya) merupakan kriteria yang berpengaruh terhadap keuntungan sedangkan kriteria C1 (Kualitas) dan C4 (Pengiriman) tidak berpengaruh signifikan terhadap keuntungan.

Full Text:

PDF

References


Andayani Sri, Tjahyono Endro & Sajio. (2014). Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Produk Pada Perajin Batik Dukuh Kupang Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian LPPM Surabaya. Vol. 1 No. 1 Hal. 41 – 51.

Badri, M.A, D. Davis, and D. Davis. (2001). "A Comprehensive 0-1 Goal Programming Model for Project Selection." International Journal of Project Management 243-252.

Berman, Barry R. (2017). Retail Management. 13th Edition. Pearson International Content.

Bhimani, Alnoor, et al. (2009). Management and Cost Accounting Enhanced (7th Edition). New Jersey: Pearson International Content.

Bhutta, Khurrum S., Faizul Huq, and Francine Maubourguet. (2002). "Efficient Consumer Response - Increasing Efficiency through Cooperation." CahierdeRecherche.

Carter, Wiliam K. (2009). Akuntansi Biaya (edisi 14). Jakarta: Salemba Empat.

Chaffey, Dave, T Hemphill, and D Edmundson-Bird. (2019). Digital Business (7th ed). New York: Pearson International Content.

Chaniago Harmon. (2021). Manajemen Ritel & Implementasinya. Bandung: Penerbit Edukasi Riset Digital.

Cheng, E.W, and H. Li. (2005). "Analytic Network Process Applied to Project Selection." Journal of Construction Engineering and Management 459-466.

Cousins, Paul, R Lamming, B Lawson, and B Squire. (2007). Strategic Supply Management. New York: Pearson International Content.

Darmadi, Sunardi, and Didi Samanhudi. (2018). "Pengukuran Tingkat Kinerja Supplier Bahan Baku Pupuk Organik dengan Metode Analitycal Hierarchi Produk (AHP) di CV ABC." Jurnal Rekayasa Sistem Industri 26-31.

Dobler, D. W., D.N Burt, and L Lee. (1990). Purchasing and Materials Management (5th edition). New York: McGraw-Hill.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hansen, Don R, Maryanne M. Mowen. (2012). Akuntansi Manajerial buku 1 edisi 8. Jakarta : Salemba Empat.

Hati Wahyu Shinta & Fitri Sabrina Nelmi. (2017). Analisis Pemilihan Supplier Pupuk Npk Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Inovbis. Vol 5 No. 2 Hal 123 – 132.

Hakimah, E., & Aliami, S. (2017). Makna menciptakan impulse buying bagi ritel kecil/ UMKM. In Prosiding Seminar Nasional dan Konfernsi Forum Manajemen Indonesia ke- 9. Semarang.

Hikmawati, Dianur, and Chaikal Nuryakin. (2017). Keberadaan Ritel Modern dan Dampaknya terhadap Pasar Tradisional di DKI Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia.

Journal Knowledge Industrial Engineering (JKIE). Vol 3 No 2. Hal 51 – 61.

Kahraman, C, CebeciUY, and Lulukran Z. (2003). "Multi-criteria supplier selection using fuzzy AHP." Logistics Information Management 382-394.

Kaufman-Scarborough, Carol, Maureen Morrin, Greg Petro, and Eric T.

Bradlow. (2006). "Improving the Crystal Ball: Consumer Consesnsus and Retail Prediction Markets." International Journal of Research in Marketing.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0