Analisis Kelayakan Pembukaan Prodi Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Terbuka

Syafruddin Syafruddin*, Brillianing Pratiwi, Ika Tri Yunianika, Muhammad Sulaiman, Fauzy Rahman Kosasih, Nunung Supratmi, Suparti Suparti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dosen dan kaprodi terhadap pembukaan prodi PBA di UT dengan sistem pendidikan jarak jauh, mendeskripiskan tren mahasiswa untuk memilih prodi PBA, dan menjelaskan sistem pembelajaran PBA di beberapa universitas di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu: 1). dosen dan kaprodi dari universitas lain sangat mendukung UT untuk membuka prodi PBA dengan sistem PJJ; 2). Tren minat mahasiswa untuk memilih prodi PBA meningkat: 3). saat ini sistem pembelajaran di universitas lain menggunakan online dan offline dengan tujuan memiliki lulusan pendidik bahasa arab dan profesi lainnya yang relevan dengan keterampilan yang diajarkan pada prodi masing-masing.


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi & Nur Uhbiyati. (1991). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali Muhammad, (1993). Strategi Penelitian Pendidikan.Bandung: Angkasa.

Fitriatus Sholihah, Akla Akla, Walfajri Walfajri. 2020. Jurnal. Pengajaran Bahasa Arab (Studi Minat Belajar Dan Kemampuan Berbicara Siswa). Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.Vol.12. No.2 Tahun 2020.

Fitrawati. 2020. Peranan Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII B Putri MTs DDI Takkalasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri (Iain) ParePare

Huda, Miftahul, (2008). Studi Tentang Minat Belajar Bahasa Arab Pada Siswa SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Skripsi. Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kumaravalivelu, (2003). Beyond Methods : Macrostrategies for Language Teaching. London : Yale University Press New Havenand.

Lalo, Lilia Suratna (2019). Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri 1 Manado. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado.

Maharani, Dewi Rachmaningsih, 2021. Koordinasi dan Konsolidasi Virtual Pendukung Pendidikan Jarak Jauh. Perspektif milineal: Seri 2 Pejuang Masa Depan. Universitas Terbuka.

Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustofa, Ibnu Khairudi, 2018. Tesis. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X Di Sma Ma’arif Nu 1 Sokaraja Banyumas.

Ngalim Purwanto. (2003). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Notodihardjo (1990). Pendidikan tinggi dan tenaga kerja tingkat tinggi di Indonesia: studi tentang kaitan antara perguruan tinggi dan industri di Jawa. Jakarta: CSIS

PP No.19 tahun 2005 tentang Kompetensi Guru.

Pusat Bahasa Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ridley, D.R. & Boone, M.M. (2001). Alumni Loyalty. http://www.eric.ed.gov/ERICDocs/data/ericdocs2sql/content_storage_01/0000019b/80/19/35/12.pdf. [14 juli 2011].

Suparman, A.. A. Zuhairi, dan I. Zubaidah. (2004). Distance education for sustainable development: Lessons learned from Indonesia. Paper presented to the 2004 UT-SEAMOLEC International Seminar on “Open and Distance Learning for Sustainable Development”. Jakarta, Indonesia, 2-3 September 2004.

Winkel. (1984). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0