Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Mengikuti Re-Training di Balai Latihan Kerja

Edward H S Lumban Gaol*, Muhammad Sayuti, Budi Santosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan lulusan SMK untuk mengikuti re-training di BLK, (2) menganalisis respons kepala BLK terhadap fenomena tingginya angka re-training lulusan SMK di institusinya, dan (3) menganalisis respons kepala SMK terhadap lulusan SMK yang banyak mengikuti re-training di BLK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian model mixed method. Menggunakan explanatory sequential design, mengumpulkan data dengan kuesioner pertanyaan tertutup, lalu dianalisis dengan kuantitatif deskriptif. Memperdalam data yang diperoleh sebelumnya dengan wawancara pertanyaan terbuka kepada lulusan SMK yang mengikuti re-training di BLK, Kepala BLK dan Kepala SMK. Tempat penelitian dan pengambilan data dilakukan di BLK Demak dan BLK Kendal, Jawa Tengah.Hasil penelitian (1) menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi lulusan SMK mengikuti re-training di BLK yaitu menambah keterampilan baru, mencari pengalaman, mencari sertifikat kompetensi, pelatihan gratis, memperdalam keterampilan yang dimiliki, BLK banyak praktik, dan mencari teman. (2) Respons kepala BLK adalah klaim bahwa lulusan BLK cepat mendapatkan kerja. (3) Respons kepala SMK yaitu lulusan SMK mengikuti re-training di BLK tidak perlu dikhawatirkan, karena merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk melatih dan mendidik pencari kerja untuk siap kerja.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penilaian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rieke Cipta.

Avenzora, A., & Winarsih, W. (2020). Statistik pendidikan 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Blanchard, P. N., & Thacker, J. W. (2007). Effective training: Systems, strategies, and practices: Pearson Prentice Hall.

Creswell, J. (2015). Riset pendidikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalyono. (2005). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

DirjenDiksi. (2022). Kemendikbudristek luncurkan kurikulum merdeka. 11 Februari 2022. Retrieved from https://www.vokasi.kemdikbud.go.id/read /kemdikbudristek-luncurkan-kurikulum-merdeka

Dit.PSMK, D. P. (2008). Panduan pelaksanaan bantuan pengembangan unit produksi. Jakarta: Depdiknas.

Djarwo, C. F. (2020). Analisis faktor internal dan eksternal terhadap motivasi belajar kimia siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 1-7.

Evans, N. R., Edwin, Lewis H. (1978). Foundations of vocational education. Columbus, Ohio: Charles E. Merril Publishing Company.

Fidelis P Simamora, Maidin Gultom, & Siregar, S. A. (2021). Prinsip larangan bekerja dalam rangka perlindungan anak dikaitkan dengan undang undang No.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Rententum, 2(1), 127-135.

Genoveva, G., Yustina, A. I., Jokhu, J. R., Widyanto, H. A., & Tanardi, J. (2020). Pelatihan terhadap siswa SMK di Cikarang “menjadi lulusan yang berdaya saing”. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1), 277-283.

Haeruddin, M. I. M., Kurniawan, A. W., Akbar, A., & Mustafa, M. Y. (2021). Pengaruh faktor motivasi internal dan eksternal terhadap prestasi kerja karyawan: Sebuah studi kuantitatif. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 5(1), 260-277.

Hamalik, O. (2002). Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, M. I. (1999). Pokok-pokok materi statistik 1 (statistik deskriptif). Jakarta: Bumi Aksara.

Hendayani, N., & Abdullah, S. M. (2018). Dukungan teman sebaya dan kematangan karier mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 28-40.

Hidayat, D. (2017). Pelatihan keterampilan otomotif untuk meningkatkan kesempatan kerja di balai latihan kerja kabupaten karawang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 55-63.

Ichsan, I. (2014). Profil dan tantangan Balai Latihan Kerja (BLK) di Provinsi Aceh. Aceh: Sefa Bumi Persada.

Irham, M. W., Novan Ardy. (2013). Psikologi pendidikan: Teori dan aplikasi dalam proses pembelajaran.

Joyonegoro, W. (1998). Pengembangan sumberdaya manusia melalui SMK. Jakarta: PT. Jayakarta Agung Offset.

Kamil, M. (2003). Model-model pelatihan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kamil, M. (2010). Model pendidikan dan pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. (2015a). Grand design pengembangan teaching factory dan technopark di SMK. Jakarta: Dit. PSMK Kemendikbud

Kemendikbud. (2015b). Kebijakan pengembangan SMK menyongsong MEA 2015. Jakarta: Direktorat PSMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017). Implementasi revitalisasi SMK. Jakarta: Direktorat PSMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2022). Kurikulum merdeka jadi jawaban untuk atasi krisis pembelajaran. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/ 2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran

Kepmenaker RI nomor 115 tentang Perlindungan bagi Anak yang melakukan Pekerjaan untuk Mengembangkan Bakat dan Minat, (2004).

Kuswana, W. S. (2013). Dasar-dasar pendidikan vokasi & kejuruan. Bandung: Alfabeta.

Linda Clarke, C. W. (2007). Vocational education international approach, development and system. New York: Routledge.

Mangkunegara, A. P. (2006). Evaluasi kinerja SDM. Jakarta: Refika Aditama.

Memorata, A., & Dan Santoso, D. (2017). Peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar merakit personal komputer menggunakan structured dyadic methods Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis, a methods sourcebook. Yogyakarta: UI Press.

Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mukhlason, A., Winanti, T., & Yundra, E. (2020). Analisa indikator SMK penyumbang pengangguran di provinsi Jawa Timur. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(2), 29-36.

Murray. (1983). Cognition and learning traditional and behavioral psychoterapy; handbook of psychoterapy and behavioral change. New York: Willey.

Mustafa, M. Y. (2012). The internationalization process of Indonesian SMEs using the uppsala model, network theory and international entrepreneurship theory. Universiti Utara Malaysia.

Mutaqin, M. K. A., Kuswana, W. S., & Sriyono. (2015). Studi eksplorasi keterserapan lulusan sekolah menengah kejuruan negeri di kota Bandung pada industri otomotif. Jurnal of Mechanical Engineering Education, 2(2), 247-252.

Nursalim M, L. H., Budiani M S. (2019). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Paggara, H., Irfan, M., & Syawaluddin, A. (2020). Effectiveness of micro teaching learning on teaching basic skills: Do the facilities matter? International Journal of Scientific & Technology Research, 9(3), 4714-4719.

Pandriana A, N. S., Ridwan A.M Noor. (2017). Studi eksplorasi sarana prasarana praktik dan motivasi belajar siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(1), 1-5.

Pardjono. (2003). Buku panduan pembelajaran CBT. Jakarta: Direktorat PSMK.

Peraturan Pemerintah RI nomor 31 tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional, (2006).

Permen Ketenagakerjaan No 21 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksanaan Teknis Bidang Pelatihan, (2015).

Pratomo, D. S. (2017). Fenomena pengangguran terdidik di Indonesia. Malang: Universitas Brawijaya.

Rahdiyanta, D. (2014). Tantangan pendidikan teknologi kejuruan dalam era global. Paper presented at the Prosiding Conference Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. Bandung.

Remi, S. S. (2018). Strategi mengelola bonus demografi dalam era disrupsi dan globalisasi. AIPI-UNPAD.

Rezasyah, T., Darmawan, I., & Rifawan, A. (2018). Pelatihan kesiapan siswa SMK dalam menghadapi revolusi industri 4.0 di SMK Global Mulia, Cikarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(7), 1-3.

Ritonga, M. (2018). Politik dan dinamika kebijakan perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia hingga masa Reformasi. BINA GOGIK, 5(2), 88-102.

Rohmah, N. (2019). Sertifikasi kompetensi sebagai upaya meningkatkan keunggulan kompetitif lulusan program studi tata laksana angkutan laut dan kepelabuhanan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang di era disrupsi. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), Semarang.

Sadia, H., Mustari, N., & Razak, F. S. H. (2019). Strategi Pemerintah Dalam Pengembangan Kapasitas Program Pendidikan Gratis Di Kabupaten Bone. Journal of Public Administration and Government, 1(1), 39-45.

Salafudin, F. (2017). Peran balai latihan kerja (BLK) pada lulusan SMK. Paper presented at the Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif.

Sari, P. P., & Sontani, U. T. (2021). Kontribusi prestasi belajar mata pelajaran produktif dan bimbingan karier terhadap kesiapan kerja siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 6(1), 32-46.

Sasmita, I., & Rustika, I. M. (2015). Peran efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280-289.

Silverstein, M., Parker, Marti G. (2002). Leisure activities and quality of life among the oldest old in Sweden. Research on Aging,journal of sagepub, 24 (5), 528-547.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekadji, S. (2000). Psikologi pendidikan dan psikologi sekolah Depok: LPSP3-Fak.Psikologi-UI.

Soenaryo, B. S. B., Hadiwartama, dkk. (2002). Sejarah pendidikan teknik kejuruan di Indonesia membangun manusia produktif. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah dan Kejuruan.

Sofyan, H. (2015). Metodologi pembelajaran kejuruan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Abeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Sukadiyanto. (2005). Pengantar teori dan metodolagi melatih fisik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sumawidari, I. A. K., & Putra, I. G. A. S. (2021). Pengaruh kepemilikan sertifikat kompetensi terhadap penerimaan karyawan hotel berbintang di Kabupaten Badung. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV).

Supriatna, M., & Budiman, N. (2009). Bimbingan karir di SMK. Dalam e-book.

Surya, M. (1997). Bimbingan untuk mempersiapkan generasi muda memasuki abad 21 (pidato pengukuhan guru besar). Bandung: IKIP Bandung.

Suwignjo, P. (2020). Organisasi tata kerja, program dan anggaran direktorat jenderal pendidikan vokasi t.a 2020. Paper presented at the RDP Program dan Anggaran Pendidikan Vokasi Komisi X DPR RI 2020, Jakarta.

Syah, M. (1995). Psikologi dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Teguh, S. (2019). Kebutuhan guru peminatan kejuruan dan pemenuhannya di SMK. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 12(1), 19-34.

Tiro, M. A., Sukarna, & Aswi. (2006). Analisis Faktor. Makasar: Andira Publisher.

Torkildsen, G. (1999). Leisure and recreation management. London: E & FN Spon.

Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003).

Undang-undang RI nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, (2003).

Undang-undang RI nomor 23 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (2005).

Uno, H. B. (2008). Teori motivasi & pengukurannya analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, N. (2016). Upaya memperkecil kesenjangan kompetensi lulusan sekolah menengah kejuruan dengan tuntutan dunia industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 45-59.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wolio, A., Saidah, U., & Rajab, L. (2022). Hubungan implementasi biaya pendidikan gratis dengan minat belajar siswa. Indo-Ducare Intellectuals: Journal of Education Science, 2(1), 01-15.

Yulianti, I., & Khafid, M. (2015). Pengaruh pengalaman praktik kerja industri, motivasi memasuki dunia kerja, dan kemampuan soft skills terhadap tingkat kesiapan kerja siswa kelas XII kompetensi keahlian akuntansi di SMK Negeri 2 semarang tahun ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 389-403.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0