Now Everyone Can Fly: Analisis Cost Leadership Strategy dan Efisiensi Operasional AirAsia

Benedicte Hartono*, Carol Carol, Jackson Jackson, Vina Sonata, Winna Angelina, Adi Neka Fatyandri

Abstract


Cost leadership adalah salah satu strategi bisnis yang bertujuan untuk menciptakan keunggulan bersaing dengan menghasilkan produk atau layanan dengan biaya yang lebih murah daripada pesaing. AirAsia merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan strategi ini dalam menjalankan bisnisnya. AirAsia melakukan strategi cost leadership dalam bentuk harga penerbangan yang murah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam cost leadership yang diterapkan oleh AirAsia sehingga AirAsia dapat bersaing dengan pesaingnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling. Data disini berupa data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa AirAsia menggunakan strategi cost leadership dengan cara membuat efisiensi pada model pesawat yang ada, sehingga AirAsia hanya memiliki 2 tipe pesawat. Selain itu, AirAsia memperbanyak utilitas yang ada, efisiensi bandara yang baik, biaya rendah tanpa embel, dan iklan yang ditampilkan pada kabin pesawat yang membuat penambahan pemasukan dari iklan yang memberikan sponsor.


Full Text:

PDF

References


AirAsia. (n.d.). Profil Perusahaan. Aaid.Co.Id. https://ir-id.aaid.co.id/corporate_profile.html

Anggi. (2022). Cost Leadership Adalah Strategi Kepemimpinan Biaya untuk Raih Laba Maksimal, Benarkah? Accurate.Id. https://accurate.id/marketing-manajemen/cost-leadership-adalah/

Edunitas. (n.d.). MASKAPAI PENERBANGAN. Unkris.Ac.Id. http://p2k.unkris.ac.id/id3/1-3065-2962/Maskapai-Penerbangan_24441_p2k-unkris.html

Iwan, W. (2012). E-Business Strategy pada Air Asia.Wordpress.Com. https://leadtheant.wordpress.com/2012/12/18/e-business-strategy-pada-air-asia/

Kate. (2023). Diversification: Definition, Levels, Strategy, Risks, Examples. Iedunote.Com. https://www.iedunote.com/diversification

Nasrudin, A. (2019). Strategi Tingkat Bisnis. Cerdasco.Com. https://cerdasco.com/strategi-tingkat-bisnis/

Sumarlin, T. (2022). Analisa SWOT. Universitas STEKOM.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0