Pengaruh Tingkat Pengetahuan Dan Iklan Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Desa Galung Tuluk Kabupaten Polewali Mandar)

Aswar Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pengetahuan dan iklan terhadap minat masyarakat menabung di bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner (Angket). Lokasi penelitian dilaksanakan di Desa Galung Tuluk Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Galung Tuluk yang berjumlah 3.828. Untuk mendapatkan sampel yang dapat mewakili populasi, maka dalam penentuan sampel penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Jumlah responden yang diperoleh sebesar 97 masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel pengetahuan (X1) dan iklan (X2) terhadap minat masyarakat menabung di bank syariah (Y). Selanjutnya melihat dari indikator dari pengetahuan terhadap minat menabung, indikator media lebih memiliki nilai persentase yang tinggi dibandingkan dengan indikator-indikator lainnya. Sedangkan dari indikator iklan, indikator yang paling tinggi persentasenya yaitu indikator dapat menimbulkan keinginan dibandingkan dengan indikator-indikator yang lainnya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan pada pengetahuan (X1)

Keywords


Periklanan, Minat, Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Abd Aziz, M. A., Ab Rahman, H., Alam, M. M., & Alhifni, A. (2017). Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah.Vol.5, No.1, 2017, Hal.87-98.

Arifin, Z. (2020). Akad Mudharabah (Penyaluran Dana Dengan Prinsip Bagi Hasil). Jawa Barat:CV Adanu Abimata.

Aulia, N. Hikmatul et all . (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu.

Bahasoan, A. N., Hasanuddin, R., Said, S., & Silvia, S. (2023). The Influence of organizational culture and Work Environment on Employee Performance in Campalagian District Office. ProBisnis: Jurnal Manajemen, 14(2), 276-284.

Cahya, I. Rananda. (2018). Pengaruh Iklan dan promosi Penjualan Terhadap Minat masyarakat Bertransaksi Di Bank Syariah. (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Daniel, O & Anas, A. (2017) Pengaruh media promosi perbankan syariah terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah. Jurnal Ekonomi Syariah. Vol.5, No 1.

Desminar. (2019). Akad Wadiah Dalam Perspektif Fiqih Muamalah. Jurnal Menara Ilmu. Vol.XIII, No.3 Januari 2019.

Dulin. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif:Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulis Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Fadli. (2017). Pengaruh Pengetahuan dan Iklan Terhadap Minat Menabung Di bank Syariah (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis IAIN Padangsidimpuan Angkatan 2014). Jurnal IMARA.

Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.

Gunawan, C. (2020). Mahir menguasai SPSS panduan praktis mengolah data penelitian new edition buku untuk orang yang (Merasa) tidak bisa dan tidak suka statistika. Yogyakarta: Deepublish.

Hamid, A. Sumarni, M. Purwaliani, R. (2017). Peran Iklan Dalam Meningkatkan Minat Menabung Masyarakat Pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Langsa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol.1, No. 1, Tahun 2017.

Hidayat, A.Aziz. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas Reabilitas. Surabaya: Health Books Publishing.

Imbuh, L. & Kurniawati, M. Analisis Determinan Market Share Perbankan Syariah di Indonesia. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech). Vol.3. No. 2 Agustus 2020.

Indra, S. (2015). Pengaruh Pengetahuan, agama, iklan/informasi, dan pengalaman mahasiswa PAI STAIN SALATIGA tentang sistem perbankan syariah terhadap minat menabung di bank syariah. (Institut Agama Islam Negeri Salatiga)

Irnawati, I. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kecamatan Rappocini Kota Makassar). (Universitas Negeri Makassar).

Kasmir. (2018). Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.

Muchtar, B. Rahmidani, R. & Siwi,K. Menik. (2016). Bank dan lembaga keuangan lain. Jakarta: Kencana.

Mundir, A. Zahroni, M. Nur. (2016). Pengaruh Syariah Marketing Terhadap Motivasi Menabung Nasabah Pada Produk Tabungan Mudharabah Di BMT Maslahah Capem Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Jurnal Malia. Vol.8, No.1, Desember 2016.

Resky, F. Nurrohmah & Radia, P. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan syariah Dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Minat menabung Di Bank Syariah. Jurnal Maps.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : C.V Andi Offset atau Penerbit Andi.

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara. Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.

Purboyo, Sri et all. (2021). Perilaku Konsumen (Tinjauan konseptual dan praktis) Bandung: CV. MEDIA SAINS INDONESIA.

Prawira, E. (2017). Pengaruh Promosi dan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Yang Di Mediasi Dengan Religiusitas Mahasiswa. (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).

Priyatna, E. Surya. (2020). Analisis Statistik Sosial Rangkaian Penelitian Kuantitatif Menggunakan SPSS.Banjarmasin: Yayasan Kita Menulis.

Putra, A. J. K., & Nursikin, M. (2023). Implementasi Pendidikan Nilai di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 613–619. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24747

Putri, I. R. S. (2023). Analisis Pelanggaran Hukum Lingkungan yang Mengakibatkan Banjir Kalimantan Selatan Januari 2021. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 353–368. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24652

Siregar, U, Amalia . (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Iklan Terhadap Minat Menabung.( Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan).

Sutoyo, S. Sodik. A.M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D .Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Supiana, Rahmat & Budiman, F. (2021). Pengaruh Budaya Dan Persepsi Masyarakat Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Islamic Banking and Finance. Vol.1, No.1, Januari-Juni 2021.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyuddin, H & Yusran, M. (2021). Analisis Faktor Penentu Keputusan Nasabah Dalam Memilih Jasa Bank Syariah di Kabupaten Mamuju. Jurnal Ekonomi dan Manajemen.Vol, 3, No.1, Juni 2021.

Yuspin, W.Putri, D. Arianti. (2020). Rekonstruksi Hukum Jaminan Pada Akad Mudharabah.Surakarta: Muhammadiya Universitr Pres

Yunan, M., Ependi, R., & Amin, N. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 560–569. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24720

Zuryati, Z. (2023). Pengaruh Penerapan Model Probing-Prompting Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mempelajari Evolusi Pada Kelas XII-MIPA. 1 SMAN 1 Peukan Baro Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 18–32. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24744




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0