Kawin Tojolo: Tradisi Perkawinan Masyarakat Desa Bubun Lamba Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang

Jumadi Jumadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana prosesi Kawin Tojolo Di Desa Bubun Lamba, (2) Nilai dan makna yang Terkandung Dalam Kawin Tojolo, (3) Pandangan masyarakat tentang kawin tojolo di Desa Bubun Lamba. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif yang dianalisa dan dituliskan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumen dan dokumentasi dengan melibatkan individu sebanyak 7 (tujuh) orang informan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prosesi kawin Tojolo di Desa Bubun Lamba terbilang sangat sederhana dan singakat yang dimulai dari penyembelian ayam, pemotongan dan pembersihan ayam, dimasak dan disajikaan, setalah persiapan selesai selanjutnya yaitu pembacaan doa untuk calon pengantin (2) Nilai dan Makna yang terkandung dalam tradisi kawin Tojolo memiliki nilai sosial yang tinggi mulai dari nilai kebersamaan dan rasa solidaritas sampai ke nilai gotong royong. Sedangkan untuk pemaknaan pada tradisi kawin Tojolo ini yaitu pembacaan doa sebelum menikah menurut pemerintah (3) Dari sudut pandang masyrakat yang ada di Desa Bubun Lamba tradisi kawin Tojolo ini merupakan tradisi adat yang selain untuk pembacaan doa untuk calon pengantin dan mengakrabkan kedua keluarga calon pengantin juga sebagai wadah untuk masyarakat mempererat silaturahmi baik keluarga dan masyarakat yang ada disekitar pelaksanaan tradisi kawin Tojolo.

Full Text:

PDF

References


Hamzah, D. A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Rekontruksi Pemikiran Dasar serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial & Humaniora. CV Literasi Nusantara Abadi.

Irmayanti, I. (2017). Pandangan Hukum Islam terhadap Adat Massombo’pada Prosesi Akad Nikah di Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Jauhari, M. Y. (2020). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Tradisi Menghitung Weton Sebagai Acuan Dalam Pernikahan (Studi Kasus Desa Pundenrejo Kecamatan Tayu Kabupaten Pati). IAIN KUDUS.

Linarwati, M., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2016). Studi deskriptif pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia serta penggunaan metode behavioral event interview dalam merekrut karyawan baru di bank mega cabang kudus. Journal of Management, 2(2).

Manan, A., & Munir, A. (2016). Nilai-nilai pendidikan dalam ritual daur hidup masyarakat Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. -.

Muliaz, R. (2018). Pelaksanaan perkawinan menurut hukum adat dayak ngaju ditinjau dari hukum Islam. Jurnal Sagacious, 4(2), 63–72.

Nita, E. (2020). Pengaruh Modernisasi Terhadap Tradisi Beragama Masyarakat Islam Desa Karang Anyar Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0