Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Factual Report Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X-1 Di SMAN 5 Kota Bekasi Pada Tahun Ajaran 2021-2022

Dewi Utari

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana Meningkatkan kemampuan menulis teks factual report melalui  Model Problem based learning  pada siswa kelas X di SMAN 5 Kota Bekasi Pada Tahun Ajaran 2021-2022. Subyek  penelitian yaitu siswa kelas X-1  di SMAN 5 Bekasi Tahun Pelajaran 2021-2022 yang berjumlah 36  siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X-1 di SMAN 5 Bekasi Tahun Pelajaran 2021-2022, dan kolaborator  yaitu teman sejawat  di SMAN 5 Bekasi.  Peneliti menggunakan teknik dan alat pengumpul data yaitu rubrik penilaian. Disamping itu, peneliti juga akan menggunakan lembar observasi. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data menggunakan  data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian yaitu: 1. Rata-rata kemampuan menulis teks factual report  ,pada siklus pertama mendapatkan rata-rata 72,22, median 73, modus 67, standar deviasi 8,408, varians 70,692, rentang 33, nilai terkecil 60, nilai terbesar 93. 2. Rata-rata Kemampuan Menulis Teks Factual Report pada siklus kedua  mendapatkan rata-rata 87, median 87, modus 93, standar deviasi 5,831, varians 34, rentang 20, nilai terkecil 73, dan  nilai terbesar 93. Penggunaan Model Problem based learning  dapat meningkatkan kemampuan menulis teks factual report pada siswa kelas X di SMAN 5 Kota Bekasi Pada Tahun Ajaran 2021-2022.

Full Text:

PDF

References


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arikunto Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Aris, shoimin. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum (2013). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

De Beaugrande, R., & Dressler, W. (1981). Introduction to Text Linguistics. London: Longman

Husein Umar (1998). Riset Sumber daya Manusia Dalam Organisasi. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Kreitner, Robert; dan Kinicki, Angelo, 2005,”Perilaku Organisasi” , Buku 1, Edisi Kelima, Salemba Empat, Jakarta

Mcmillan, K., & Weyers, J. (2013). How to Improve Your Critical Thinking &. Reflective Skills. Essex: Pearson Education Limited.

Miles, M.B & Huberman A.M. 1984, Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Renkema, Jan. 2004. Introduction to Discourse Studies. Amsterdam: John Benjamis Publishing Company.

Robbins, Stephen P.(2006).Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta: PTIndeks Kelompok Gramedia

Rogers, H. (2005). Writing Systems: A Linguistic Approach. USA: Blackwell Publishing.

Rusman.(2012). Model – Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada

Schiffrin, D. (2007). Ancangan Kajian Wacana. (Terjemahan Unang, dkk). Yogyakarta: Pustaka Belajar

Soehardi, 2003.Esensi Perilalu Organisasional. Bagian Penerbit Fakultas Ekonomi Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta.

Soelaiman, 2007,Manajemen Kinerja; Langkah Efektif untuk Membangun,Mengendalikan dan Evaluasi Kerja, Cetakan Kedua, Jakarta: PT. Intermedia Personalia Utama.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0