Analisis Branding, Cita Rasa dan Segmentasi Pasar terhadap Peningkatan Penjualan pada Kedai Seblak Mega Easy Losari

Melania Noeri Alifiyah*, Hendri Sucipto, Dumadi Dumadi, Slamet Bambang Riono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh (1) branding terhadap peningkatan penjualan, (2) cita rasa terhadap peningkatan penjualan, (3) segmentasi pasar terhadap peningkatan penjualan, dan 4) branding, cita rasa dan segmentasi pasar secara simultan terhadap peningkatan penjualan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli produk di Kedai Seblak Mega Easy Losari. Rata-rata pembeli mencapai 50 orang per hari,  jadi dalam sebulan rata-rata sebanyak 1.250 orang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan rumus Slovin menggunankan teknik insidental sebanyak 93 sampel. Data yang digunakan adalah data primer dari jawaban kuesioner responden. Pengujian hipotesis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa branding berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan, cita rasa berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan, segmentasi pasar berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan dan branding, cita rasa dan segmentasi pasar berpengaruh signifikan secara simultan terhadap peningkatan penjualan pada kedai seblak Mega Easy Losari.

Kata Kunci: branding, cita rasa, segmentasi pasar dan penjualan


Full Text:

PDF

References


Abdullah, T., & Tantri, F. (2016). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada.

Alma, B., & Juni, D. (2014). Manajemen Bisnis Syariah. Alfabeta.

Apipah, N., Riono, S. B., & Dumadi. (2022). Edukasi Penetapan Harga Jual bagi Pelaku UMKM Harum Manis Desa Parereja, Brebes. STPKat Publisher, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 1–10.

Ariyani, D., Riono, S. B., Sucipto, H., Manajemen, P., & Setiabudi, U. M. (2022). Pelatihan Branding Equity untuk Membangun Brand Image pada Pelaku UMKM di Desa Ciawi dalam Meningkatkan Daya Jual. KREATIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 100–106.

Armadani, K. (2014). Menikmati Pedasnya Seblak Khas Bandung. CNN Indonesia.

Asrianti, N., Kambolong, M., & Bake, J. (2016). Pengaruh Biaya Promosi terhadap Tingkat Penjualan Motor pada PT Astra International Tbk Cabang Kendari. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 168–178.

Aziz, S., Ikhwan, S., & Riono, S. B. (2023). The Influence of Product Differentiation Strategy, Brand Image and Price on Purchasing Decisions of Rajaswa Coffee Customers in Brebes County. IJESSR: International Journal of Economics and Social Sciences Research, 1(1), 1–13.

Dumadi, D., Riono, S. B., & Mulyamin, M. (2021). Pengaruh Harga Jual dan Merek Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Konter Andika Cell Losari). Journal of Economic and Management (JECMA), 2(1), 45–56.

Hadi, S. N. (2016). Analisis Pengaruh Cita Rasa, Label Halal dan Diverifikasi Produk terhadap Keputusan Beli pada Produk Olahan Tuna Inggil Pacitan Jawa Timur. Jurnall Ekonomi Islam, 15, 133.

Hendro. (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, Memahami dan Memasuki Dunia Bisnis. Erlangga.

Heri, H., & Sihombing, S. M. (2018). Analisis Pengaruh Dimensi Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Honda (Studi pada PT. Capella Dinamik Nusantara Riau). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manejemen Indonesia, 1(3), 382–396.

Ismail, M. (2013). Strategi Pemasaran untuk Membangun Citra dan Loyalitas Merek. Percetakan IPB.

Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Murdiono, Syaifulloh, M., Setiadi, R., Roni, & Ikhwan, S. (2019). Pengaruh Marketing Mix, Kualitas Pelayanan dan Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian Produk Piston. Journal of Economics and Management (JECMA), 1(1), 72–82.

Musriah, N., Riono, S. B., Yulianto, A., Wahid, F. S., & Ubaedillah, U. (2022). Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Kue Basah Ibu-Ibu PKK Desa Tiwulandu Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Profesional Jurnal Abdimas, 1(3), 1–6.

Nofiana, M., & Utami, R. F. (2019). Pengaruh Strategi Branding terhadap Peningkatan Omzet Penjualan Siomay di Desa Karangcegak Kecamatan Subang. Seminar Nasional (Hasil Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat IV Tahun 2019, LPPM - Universitas Muhammadiyah Purwokerto, ISBN: 978-602-6697-43-1.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. JIBEKA, 11, 50.

Prasetyo, B. D., & Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi Dalam Bisnis. UB Press.

Purwana, D., & Hidayat, N. (2017). Studi Kelayakan Bisnis. Rajawali Pers.

Riono, S. B., Nurizki, M., Dumadi, D., Syaifulloh, M., & Sucipto, H. (2023). Pengaruh Modal Usaha dan Strategi Pemasaran terhadap Volume Penjualan pada Pelaku UMKM Mitra Mandiri Brebes. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 11(1), 1–8.

Sekar, D. R., & Sri W. H., M. M. A. (n.d.). No Title. Jurnal EMBA, 5(2), 80–91.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Utari, I., Sahputra, N., & Asrindah, N. (2022). No Title. Jurnal Bisnis Corporate, 7(2).

Wahidah, N. (2014). Komponen-Komponen Yang Mempengaruhi Cita Rasa Bahan Pangan. Salemba Empat.

Wulandari, H. K., Sucipto, H., Riono, S. B., Rahmawati, T., & Dumadi, D. (2022). The Influence of Willingness to Pay on The Productivity of Brebes Typical Gift Merchants. Jurnal Ekonomi, 11(3), 984–989.

Zebuna, D. P. F., Gea, N. E., & Mendrofa, R. N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Produk di CV. Bintang Keramik Gunung Sitoli. Jurnal EMBA, 10(4), 1299–1307.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.24927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0