Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar

Mugiyatmi Mugiyatmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model TGT terhadap hasil belajar PPKn. Intervensi pembelajaran dilaksanakan dua siklus tindakan, setiap siklus tindakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis tindakan yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian dilaksanakan mulai Agustus-September 2022 di SDN Pacar Imogiri, Bantul. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pacar berjumlah 28 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn topik menghargai keragaman budaya lingkungan sekitar. Dampak yang diharapkan dalam tindakan penelitian tindakan ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar, rasa tanggung jawab, dan kerja sama. Indikator penelitian adalah nilai hasil belajar di atas KKM. Hasil tes siklus I didapatkan 24 siswa (85.7%) mencapai ketuntasan belajar dan sisanya 4 siswa (14.3%) belum meraih indikator ketuntasan belajar. Siklus II ini diperoleh nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 75, rerata nilai 87. Hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan pendekatan pembelajaran cooperative learning type Teams Games Tournament (TGT). Model TGT juga mampu meningkatkan kualitas tanggung jawab dan kerja sama secara signifikan. Disarankan kepada Guru untuk meningkatkan kreativitas merancang pembelajaran menggunakan pendekatan model pembelajaran yang paling relevan dengan karakteristik siswa dan jenis capaian hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Aenor Rofek, Y. H. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 1 Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Sd Negeri 3 Jetis Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2019/2020. JURNAL CENDEKIA PENDIDIKAN, 1–11.

Anggraeni, S. (2021). Penerapan metode Teams Games Tournament ( TGT ) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5086

Asih, N. N., Kurniawan, P. W., & Kurniasih, T. I. (2022). Pelajaran Ppkn Menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Gedong Air Tahun PelajaraN 2021 / 2022 Peranan pendidikan dalam hidup dan kehidupan manusia , terlebih dalam zaman modern sekarang ini dianggap sangat penting . Pendidikan, (70), 99–110.

Asmawati, M. (2020). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Muatan Ppkn Kelas Iv Sdn Pemepek Kecamatan Pringgarata Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Inovasi Peneliian, 1(7), 1289–1296.

Dewi, K. O. R., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PPKN Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 50–60. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/24578/14890

Haryani, U. S. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Muatan PPKN Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas III SD Negeri Kotagede 4. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 82–87. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11305

Muhammad Dwi Anwai Rizqi, I. M. (2014). Pengaruh model pembelajaran TGT (team games tournament) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran PPKn materi keragaman sosial dan budaya di SDN Jatiranggon II. COLLASE Creative of Learning Students Elementary Education, 6(2), 65–70.

Muliati, M., Zubair, M., & Basariah, B. (2022). Peran Orang Tua dalam Mendorong Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PPKn (Studi di Lingkungan Tolotongga). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1610–1614. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.821

Noviati, W. (2022). Penerapan Metode Teams Games Tournaments (Tgt) Pada Pelajaran Ppkn Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri SenampaR. Jurnal Kependidikan, 7(2), 19–27.

Purwanti, E., & Kristiyani, I. (2019). Kontribusi Interior Kelas dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(2), 114–121.

Rosmita Ambarita, J. Y. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Teams-Games-Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca Teks Berbahasa Inggris. Jurnal Akrab Juara, 3(3).

Salehoddin, S. (2021). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn Tema 7 Tentang Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat melalui Time Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 28–36.

Sardi, A., & Ahmad, A. K. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Pkn Tentang Keragaman Suku Dan Agama Di Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). AL-IRSYAD Journal of Education Science, 1(1).

Selviana Amu, Yulsy M. Nitte, H. B. M. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran PPKN Di SD Inpres Perumnas 2 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(1), 32–38.

Setiani, S. A. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 5(4), 389. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.227

Sulistyo, E. B., & Mediatati, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913

Suryani, T. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Siswa. Wahana Didaktika, 20(1), 68–81.

Susanti, R. E. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengingat Kosakata Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments ( TGT ) Berbasis Karuta Calis. ANUVA, 4(4), 543–559.

Suwarni, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas 1 Sd Negeri 004 Teratak Buluh. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 175. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6830

Vadia, P., Riandini, A., Sudatha, I. G. W., & Parmiti, D. P. (2020). Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 468–478.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0