Kebijakan Pengelolaan Sampah Oleh Pemerintah Kota Sungai Penuh Kerinci

Sisi Priska*, Aldri Frinaldi, Syamsir Syamsir

Abstract


Mengelola sampah merupakan perkara wajib yang dibuat oleh pemerintah yang telah membagikan kebebasan terhadap masing-masing masyarakat atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. Karena memiliki konsekuensi bahwasanya negara berkewajiban menyelenggarakan pelayanan administrasi publik. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Pemerintah Kota Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh serta DPRD telah membentuk PERDA pengelolaan sampah dan bekerjasama membentuk PERDA pengelolaan sampah berkoordinasi dengan Kementerian. tentang pekerjaan umum dan perumahan rakyat, dalam hal pembebasan lahan untuk objek TPA, dan untuk mengetahui sejauh mana penambahan armada truk  sampah dan pengawasan negara, sehingga masyarakat memiliki sikap yang lebih dapat diterima dalam pengelolaan sampah. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif sebagai studi kontekstual  untuk menyelidiki kebijakan dan yurisdiksi pengelolaan sampah sebelum dikeluarkannya peraturan daerah  pengelolaan sampah di Kota Sungai Penuh.


Full Text:

PDF

References


Ridwan, I. H. J., & Sudrajat, M. A. S. (2020). Hukum administrasi Negara dan kebijakan pelayanan publik. Nuansa Cendekia.

Sudiro, S., Setyawan, A., & Nulhakim, L. (2018). Model Pengelolaan Sampah Permukiman di Kelurahan Tunjung Sekar Kota Malang. Plano Madani: Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 7(1), 106-117.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25. 2008

Ismanto, I., & Syam, F. (2020). Kebijakan Pengelolaan Sampah oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Muaro Jambi. Mendapo: Journal of Administrative Law, 1(3), 149-169.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Administrasi Pemerintahan

Peraturan Daerah Kabupaten Kerinci Nomor 09 Tahun 2013 tentang pengelolaan sampah




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0