Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik dengan Teknologi di Era Digital

Nia Endri Wiranti*, Aldri Frinaldi

Abstract


Kemajuan teknologi yang terjadi begitu cepat saat ini membuat masyarakat sangat perlu menyesuaikan diri dengan teknologi untuk menunjang kegiatan sehari-hari, peran pemerintah sebagai penyedia layanan sosial juga harus mampu memanfaatkan teknologi untuk menunjang kegiatan pelayanan. Digitalisasi yang telah masuk ke kehidupan sehari-hari juga banyak di manfaatkan oleh sektor swasta untuk mendapatkan keuntungan saat ini dengan mempermudah memberikan pelayanan yang bisa kita lihat di berbagai aplikasi mulai dari e-government dan jasa juga telah banyak memanfaatkan kemajuan teknologi. Menurut UU No 25 Tahun 2009, Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Teknologi digital sebenarnya hanyalah sebuah sistem pemrosesan yang sangat cepat yang mengubah semua jenis informasi menjadi nilai numerik. Seiring dengan kemajuan teknologi ini, terdapat perubahan dalam kualitas dan efisiensi data yang dihasilkan dan dikomunikasikan, termasuk: Kualitas yang lebih baik, kapasitas yang lebih efisien, dan prosedur pengiriman yang lebih cepat. Data digital berfungsi sebagai pendukung penting untuk seluruh proses dalam kehidupan nyata.


Full Text:

PDF

References


Abd Aziz, M. A., Ab Rahman, H., Alam, M. M., & Said, J. (2015). Enhancement of the accountability of public sectors through integrity system, internal control system and leadership practices: A review study. Journal Procedia Economics and Finance Volume 28, 2015, hal163-169.

Beekman, G., Bulte, E., & Nillesen, E. (2014). Corruption, investments and contributions to public goods: Experimental evidence from rural Liberia. Journal of public economics, 115, 37-47.

Davis, A. (2003). Everything you should know about public relations: direct answers to over 500 questions. Kogan Page Publishers. Panduan Lengkap Tentang PR. Jakarta: Gramedia

Diana, B. A. (2019, May). Konsep E-Office Menuju Perubahan Pelayanan Birokrasi Berbasis Digital (good governance). In Prosiding Seminar STIAMI Vol. 6, No. 1, hal. 9-15.

Handayaningrat, S. (1988). Administrasi Negara Baru. Jakarta, LP3ES.

Kamaliah, A. (2019). Disrupsi Digital, 9 Profesi Ini Diprediksi Hilang. Detik.Com. Retrieved from https://inet.detik.com/cyberlife/d-4669038/disrupsi-digital-9-profesi-ini-diprediksi-hilang

Lindkvist, H., & Melander, L. (2022). How sustainable are urban transport services? A comparison of MaaS and UCC. Research in Transportation Business & Management, 43, 100829.

Nugroho, Y. (2011). Opening the black box: The adoption of innovations in the voluntary sector—The case of Indonesian civil society organisations. Research Policy, 40(5), 761-777.

Onofri, L., & Nunes, P. A. (2014). De rationibus est disputandum: Psychological dimensions of choice and public policy design. Ecosystem Services, 10, 172-179.

Panourgias, N. S. (2015). Capital markets integration: A sociotechnical study of the development of a cross-border securities settlement system. Technological forecasting and social change, 99, 317-338.

Reza, J. I. (2017). 5 Fase Kemajuan Teknologi dari Masa ke Masa. Liputan6.Com Retrieved from https://www.liputan6.com/tekno/read/3157705/5 Fase-kemajuan-Teknologi-Dari-Masa-kemasa

Riyanto, A., Primiana, I., & Azis, Y. (2018). Disruptive technology: the phenomenon of FinTech towards conventional banking in Indonesia. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 407, No. 1, p. 012104). IOP Publishing.

Sawitri, N. N., & Febrian, E. (2018). Determinants of demand for Islamic banking services: A survey on moslem public servants in Indonesia. Malaysian Journal of Consumer and Family Economics, 21(Special Issue 2), 65–73.

Sawitri, N. N., Oswari, T., & Hastuti, E. (2017). Analysis of WebQual usefulness information quality and interaction service in cultural sites online. International Journal of Economic Research, 14(6), 191-199.

Siagian, S. P. (1985). Organisasi kepemimpinan dan perilaku administrasi. Gunung Agung, Jakarta, Rineka Cipta.

Suraja, Y. (2018). Pengembangan Karier Profesional Kantor. Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan, 3(1), 40-50.

Suwondo. (2001). Peserta Pelayanan Publik: Hubungan Komplementer Antara Sektor Negara, Mekanisme Pasar dan Organisasi. Jakarta, Bumi Aksara

Vally, K. S., & Divya, K. H. (2018). A study on digital payments and demonetization in India: Prospects and challenges. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 10(8 Special Issue), 384–390.

service in cultural sites online. International Journal of Economic Research, 14(6), 191-199.

Siagian, S. P. (1985). Organisasi kepemimpinan dan perilaku administrasi. Gunung Agung, Jakarta, Rineka Cipta.

Suraja, Y. (2018). Pengembangan Karier Profesional Kantor. Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan, 3(1), 40-50.

Suwondo. (2001). Peserta Pelayanan Publik: Hubungan Komplementer Antara Sektor Negara, Mekanisme Pasar dan Organisasi. Jakarta, Bumi Aksara

Vally, K. S., & Divya, K. H. (2018). A study on digital payments and demonetization in India: Prospects and challenges. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 10(8 Special Issue), 384–390.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0