Mutu Pendidikan Dengan Peningkatan Kinerja Guru

Elis Rosliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui peran mutu Pendidikan terhadap peningkatan kinerja guru. Metode penelitian yaitu kualiatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian adalah : Berdasarkan hasil penelitian Tentang Analisis Mutu Pendidikan Dengan Peningkatan Kinerja Guru, Pengalaman kerja seorang guru sangat penting, karena karakteristik anak didik sangat beragam sehingga dalam proses belajar mengajar perlu penanganan yang profesional, maka dapat disimpulkan yaitu: 1.Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu. Pengalaman kerja seorang guru sangat penting, karena karakteristik anak didik sangat beragam sehingga dalam proses belajar mengajar perlu penanganan yang profesional, berjalan dengan cukup baik, karena dari 4 indikator yang dilihat ada tiga indikator yaitu Indikator kuantitas kerja, indikator ketepatan waktu kerja dan indikator kerja sama berjalan baik, hanya satu yang berjalaan kurang baik, yaitu kualitas kerja, lebih ditekankan pada belum memadainya penguasaan teknologi pembelajaran dan teknologi industri. 2. Belum memadainya aspek kualitas kerja guru, disebabkan keterbatasan sumber daya guru, terutama dalam penguasaan teknologi industri, serta sarana prasarana teknologi produktif yang belum memadai.


Full Text:

PDF

References


Adisasmita, H. R. (2000). Akuntabilitas dan Pemerintahan. PPKED-UDH, Makassar.

Arikunto, Suharsimi. (1997). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Agus Dwiyanto. (2008). Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Barata A.A. (2003). Dasar-Dasar pelayanan Prima. Komputindo, Jakarta.

Bernandin dan Russel. (1999). Organisasi Perkantoran dan Motivasi. Alumni Bandung.

Cowling, A. and James, P. (1994). The Essence of Industrial Relations and Personnel Management.Prentice-Hall International (UK) Ltd.

Cushway, Barry and Derek Lodge. (1995). Perilaku dalam Desain Organisasi (Terjemahan). Alex Media Komputindo, Jakarta.

Dunn, N, William. (1999). Pengantar Analisis Kebijakan Publik Edisi Kedua. Gadja Mada University.Yogyakarta.

Flippo, Edwin B. (1996). Priciples of Personnel Management, Third Edition, McGraw-Hill Kogokhusa, Tokyo.

Gibson, J. L., Ivancevich. J. M., dan Donnely Jr. James H. 1995. Organisasi: Perilaku Struktur, dan Proses (Terjemahan). Bina Rupa Aksara, Jakarta.

Gomes, Foustoono C. (1999). Manajemen Sumberdaya Manusia. Binarupa Aksara, Jakarta.

Hamalik, Oemar. (2006). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, PT. BumiAksara, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0