Komparasi Manajemen Desain Lingkungan Bermain Pendidikan Anak Usia Dini Pada RA Babussalam dan RA Raudhatul Hasanah Kelurahan Sunggal Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan

Rahayu Dwi Utami*, Novalinda Novalinda, Putri Utami

Abstract


: Lingkungan bermain Pendidikan Anak Usia Dini perlu ditata sedemikian rupa sehingga hal ini akan sanagat berdampak besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini sehingga anak memeiliki kesiapan untuk melanjutkan kependidikan berikutnya penataan tepatnya set plan tampilan indoor maupun outdoor. Walaupun kegiatan mendesain penampilan indoor maupun outdoor. Dunia fantasi anak usia dini berpengaruh besar terhadap terhadap optimalnya aspek perkembangan nilai agama dan moral, bahasa, kognitif, sosial emosional, dan fisik motorik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen desain lingkungan bermain pendidikan anak usia dini di RA Babussalam dan RA Raudhatul Jannah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, penelitian dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  Manajemen desain lingkungan pendidikan anak usia dini baik indoor maupun outdoor di RA Babussalam dan  RA Raudhatul Hasanah masih belum terlaksana dengan baik. Karena menyesuaikan kondisi sekolah dengan bangunan yang tidak begitu luas. Maka dari itu belum semua fasilitas terwujud. Akan tetapi fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dilakukan oleh lembaga tersebut. Pemanfaatan fasilitas indoor dan outdoor di RA Babussalam dan  RA Raudhatul Hasanah sudah cukup maksimal. Dimana proses pembelajaran selalu memanfaatkan fasilitas yang ada. Dengan begitu juga menjaga dan merawat dengan baik fasilitas yang telah dimiliki.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Gendrowati, Imung. (2012).”Pendidikan Anak Usia Dini Berwawasan Lingkungan (Studi Kausu di TK Aisyiyah Bacan, Halmahera Selatan)” Tesis, PGRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hidayatulloh, M. Agung. (2012).”Pendidikan Anak Usia Dini Berwawasan Agraris di RA An-Nafi’ah” Tesis, PGRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.

Miles, B. M., & Huberman, A. M. (1984).” Qualitative Data Analysis, London new Delhi: Sage Publications, 1984.

Mulyana, Deddy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sahertian, P.A. (1985). Dimensi Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Siagian, P.S. (1992). Fungsi-Fungsi Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Simbolon. (2004). Dasar-Dasar Administrasi dan Manajemen, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cet. VI, Bandung: Alfabeta, 2008.

Suyadi. (2011). Manajemen PAUD (TPA-KB-TK/RA) Mendirikan, Mengelola dan Mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Terry, George R. dan Leslie W. Rue. (2005). Dasar-Dasar Manajemen, Terj. G. A. Ticoalu, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Usman, Husaini. (2006). Manajemen; Teori, Praktek dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Hughes. P. Fergus.(2010).Children, Play And Development.United States Of America:Sage Publications.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung:Remaja Rosdakarya

Rita nofianti. (2020) Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Kota Tasik Malaya, Jawa Barat Edu Publisher.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0