Analisis Keputusan Pembelian Suatu Produk Terhadap Peningkatan Revenue Perusahaan

Erisa Aprilia Wicaksari*, Bogy Febriatmoko, Siti Ridloah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan revenue perusahaan melalui keputusan pembelian suatu produk khususnya produk laptop lenovo. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui secara pasti, maka pengambilan sampel dilakukan dengan cara non-probability sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data responden sebanyak 142 diolah dengan menggunakan SPSS versi 25. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan secara simultan dari variabel-variabel independen yaitu diferensiasi produk, kualitas produk, inovasi produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dan hasil uji statistik menunjukkan bahwa keputusan pembelian memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan revenue perusahaan. Hal ini memiliki arti bahwa peningkatan revenue perusahaan dapat dicapai dengan adanya tingkat keputusan pembelian yang tinggi atas suatu produk. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi perusahaan untuk meningkatkan diferensiasi produk dan kualitas produk sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian terhadap produk.


Full Text:

PDF

References


Ackaradejruangsri, Pajaree. (2013). The effect of product quality atttributes on Thai’s consumer buying decisions. Journal of Asia Pacific Studies, Vol. 3, No. 3, pp. 14-24.

Aprileny, I. and Andriani, R. (2018). Pengaruh Harga, Diferensiasi Produk, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Giant Ekstra Ujung Menteng Bekasi. Jurnal STEI Ekonomi. 27, 01 (Jun. 2018), 38 - 56. DOI:https://doi.org/10.36406/jemi.v27i01.152.

Citra, P., Sulistia, E., Kade, I.A., dan Kusasih, R. (2020). Keputusan Pembelian Minuman Yakult Ditinjau Dari Distribusi, Diferensiasi, Gaya Hidup, dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi. Vol. 3, No. 2.

Johson W. (2014) What’s the Biggest Influencer in Consumer Purchase Decisions? Diakses darihttps://smallbiztrends.com/2014/10/influenceconsumer-purchase-decisions.html. pada 6 Agustus 2022.

Kalicharan, H.D. (2014).The effect and influence of country-of-origin on consumer’s perception of product quality and purchasing intentions. International Business and Economic Research Journal, Vol. 13, No. 5, pp. 897-902

Liputan6.com (2020) Pikat Generasi Milenial, Lenovo Rilis IdeaPad Slim 5i. Diakses dari https://www.liputan6.com/tekno/read/4413668/pikat-generasi-milenial-lenovo-rilis-ideapad-slim-5i. Pada tanggal 8 Agustus 2022.

Marini, Kardinal dan Charisma Ayu. P. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pempek Mangcek Cabang Celentang). Diperoleh darihttp://eprints.mdp.ac.id/2092/

Medcom.id (2017) Mengapa generasi milenial tidak lepas dari laptop? Diakses dari https://www.medcom.id/teknologi/news-teknologi/8koJYzrb-mengapa-generasi-milenial-tak-bisa-lepas-dari-laptop. Pada tanggal 7 Agustus 2022.

Pratama, R.H., dan Djastuti, I. (2015). Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kota Semarang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi 12. (2015) Juni 90-99.

Purwanti, Sarwani, Sunarsi, D. (2020). “Pengaruh Inovasi Produk dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Unilever Indonesia” Jurnal Imliah Ilmu Manajemen.

Shareef, M.A., Uma K., and Vinod K. (2008). Role of different electronic- commerce (EC) quality factors on purchase decision: A developing country perspective. Journal of Electronic Research, Vol. 9, No. 2, pp. 92- 113.

Shaharudin, M.R., Suhardi W.M., Anita A.H., Maznah W.O., and Etty H.H. (2011). The relationship between product quality and purchase intention: The case Malaysia’s national motorcycle/scooter manufacturer. African Journal of Business Management, Vol. 5, No. 20, pp. 8163-8176.

Simamora, F.N dan Situmeang, E.S. (2018). Analisa Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Showroom Garuda Sibolga. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan. Juripol, Vol. 1, No. 1, Januari 2018.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Agus. (2013). “Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Batik Tulis Karangmlati Demak”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Swara, A. (2014). Pengaruh Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Rexona. Telkom University.

Syarif, S. dan Mundir, F. (2008). Pengaruh Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Flashdisk Kingston. Jurnal Strategic, Vol. 7, No. 14, September 2008.

Tamamudin. (2012). “Analisis Pengaruh Pengenalan Merek, Persepsi Kualitas, Harapan Konsumen dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Membeli Dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen”. Jurnal Penelitian Vol. 9, No. 2, November 2012. Hlm. 283-300

Tamunu, M., Ferdinand T. (2014). Analyzing the influence of price and product quality on buying decision honda matic motorcycles in Manado. Journal EMB, Vol. 2, No. 3, pp. 1255-1263.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0