Studi Komparasi Hasil Belajar IPA Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Melalui Media Bagan dan Still Picture Kelas IV SDN Genengan

Naniek Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan  hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournement (TGT) melalui media Bagan dan Still Picture pada siswa kelas IV SDN Genengan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN Genengan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Penentuan sampel dengan teknik Sampling jenuh yaitu kelas IV SDN Genengan 1 sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah 22 siswa dan kelas IV SDN Genengan 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar IPA siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji perbedaan rataan (uji t) yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil analisis uji perbedaan rataan (uji t) diperoleh tobs = 2,901 dan DK = . Karena tobs  DK maka H0 ditolak, ini berarti ada perbedaan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournement (TGT) melalui media Bagan dan Still Picture pada siswa kelas IV SDN Genengan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan.


Full Text:

PDF

References


Angkowo, Rubertus dan Kosasih A. (2017). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo

Anitah, Sri. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iru, la dan Arihi La Ode Safiun. (2015). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Yogyakarata: Multi Persindo.

Munadi, Yudhi. (2015). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press

Prasetyo, Bambang dan Jannah Lina Miftahul. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohani, Ahmad. (2014). Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadiman, Arief, Rahardjo, Haryono Anung, Rahardjito. (2018). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari Tri Intan, Mardiati Yayuk dan Khutobah. (2014). Penerapan Metode Diskusi Dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Dalam Pembelajaran Pkn Tema Lingkungan di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember Jurnal Edukasi (online). Volume 1 Nomor 2, http:/jurnal.unej.ac.ad/index,php/JEUJ/1146 Diunduh 9 Maret 2016.

Shoimin, Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soegiartono, Djoko. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Bagi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Manado Jurnal penelitian dan Pendidikan. Volume 8 Nomor 1, http;/ppjp.unlam.ac.id.journal/index.php/bipf/article/view/881 diunduh 9 maret 2021.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Nunuk dan Agung Leo. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak

Wanarsi Ontri, Ardisal dan Sopandi asep Ahmad. (2011). Meningkatkan Kemampuan Menghitung Satuan Panjang Melalui Media Bagan Tabel Bagi Anak Berkesulitan Belajar Matematika Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (online). Volume 3 Nomor 3, Http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu diunduh 9 Maret 2016.

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0