Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasilbelajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Swasta Karya Bhakti Medan Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar PKn siswa SMP Swasta Karya Bhakti. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh sarana prasarana dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar PKn siswa SMP Swasta Karya Bhakti. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif untuk memperoleh data yang terkait dengan skripsi ini. Data diperoleh melalui Kueseioner, Dokumentasi. Dianalisis dengan metode kuantitatif, metode kuantitatif adalah penelitian yang penelitiannya berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa Sarana prasarana belajar di SMP Swasta Karya Bhakti termasuk dalam kategori baik hal ini diperoleh dari hasil perhitungan angket dengan rumus prosentase dengan nilai sebesar 78%. Lingkungan sekolah SMP Swasta Karya Bhakti termasuk dalam kategori sangat baik hal ini diperoleh dari hasil perhitungan angket dengan rumus prosentase dengan nilai sebesar 84%. Prestasi belajar mata SMP Swasta Karya Bhakti termasuk dalam kategori sangat baik.
Full Text:
PDFReferences
Anitah, Sri, dkk. (2018). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.82.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud. https.//kbbi.web.id/kelas
Baharuddin & Wahyuni E. N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Barnawi & Arifin, M. (2014). Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik, O. (2017). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Ihsan, F. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Legiwati, N. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Sarana Prasarana dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 3 Grati Satap Kabupaten Pasuruan. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI).
Mariyana, Rita, dkk. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Munib, Akhmad, dkk. (2016). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.
Rifai, A. & Anni, C. T. (2016). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU-MKDK UNNES.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutama, dkk. (2016). Kontribusi Sarana Prasarana Pendidikan, Kondisi Lingkungan, Kedisiplinan Kerja terhadap Kinerja Guru SD Kontribusi Sarana Prasarana Pendidikan, Kondisi Lingkungan, Kedisiplinan Kerja terhadap Kinerja Guru SD. Jurnal Managemen Pendidikan. 11 (2). 91- 102.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prena Media Grup.
Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Widana, N. N. W. (2016). Pengaruh Disiplin Belajar dana Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 4(2). 10-20.
Zainal Arifin. (2009). Evaluasi Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosda Karya.
Zainal Arifin. (2011). Penelitian Pendidiikan; Metode dan Paradigma Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24752
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0