Implementasi Pembelajaran Sejarah Kontroversial: Studi Kasus Materi Peristiwa G 30 S di Kelas 10 SMK Negeri 7 Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran materi kontroversi di SMA Negeri 7 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa narasi tentang pelaksanaan pembelajaran sejarah materi sejarah kontroversial di SMK Negeri 7 Makassar. Penerapan pembelajaran sejarah isu kontroversial di dalam kelas, dapat dilakukan dengan pendekatan Critical Pedagogy, dengan strategi pembelajaran kooperatif (berkelompok), dimana peserta didik dibentuk beberapa kelompok dan masing-masing mempertahankan satu teori tentang dalang G 30 S. Pembelajaran tersebut didesain dengan guru sebagai moderator di antara tim kelompok. Pemebelajaran dilakukan dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup berupa kesimpulan.
Full Text:
PDFReferences
A. Malik, F. (2023). Penyampaian Guru Sejarah Indonesia SMK Negeri 7 Makassar.
Ahmad, T. A. (n.d.). Implementasi Critical Pedagogy Dalam Pembelajaran Sejarah Kontroversial di SMA Negeri Kota Semarang. Tesis Universitas Sebelas Maret.
Ahmad, T. A., Sodiq, I., & Suryadi, A. (2014). Kendala-Kendala Guru Dalam Pembelajaran Sejarah Kontroversial Di Sma Negeri Kota Semarang. Paramita: Historical Studies Journal, 24(2). https://doi.org/10.15294/paramita.v24i2.3128
Azinar Ahmad, T. (2016). Sejarah Kontroversi di Indonesia : Perspektif Pedidikan. Pustaka Obor.
Nugroho, F. (2019). Penggunaan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah Kontroversial The Use Of Learning Source And Controversial History Learning Fajar Nugroho. Nosarara Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 7(2), 177–191. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/nosarara/article/view/14452/10795
Su, A. (2011). Penggunaan Isu Kontroversial Dalam Kelas Pkn / Sejarah di Era Reformasi. Ilmiah CIVIS, I(2), 71–86.
Tabrani, Z. (2014). Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan Islam Menurut Perspektif Pedagogik Kritis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. 13. N.
Widodo, T. (2011). Memahami Makna Praksis Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kontroversial. Paramita: Historical Studies Journal, 21(2), 238–247.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24748
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0