Implementasi Pendidikan Nilai di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang

Alif Jilham Kusuma Putra*, Mukh Nursikin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan implementasi pendidikan nilai peserta didik serta mendiskripsikan dampak dari implementasi pendidikan nilai tersebut di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang, Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian berjenis kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara melalui kehadiran peneliti di lapangan, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti, yakni dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Implementasi Pendidikan nilai di SMP Islam Plus At Tohari melalui pembiasaan kedisiplinan, keteladanan, serta kegiatan yang telah terjadwal seperti: sholat sunah dhuha dan sholat wajib berjamaah, gerakan membaca buku di kelas setiap senin setelah upacara, wajib pramuka setiap jum’at, kegiatan tutor sebaya, dan membaca asma’ul husna serta surat pendek setiap sebelum memulai pembelajaran. 2. Dampak dari implementasi nilai pada peserta didik di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang yaitu: ketaatan peserta didik dalam menjalankan setiap program kegiatan sekolah, membentuk karakter mulia peserta didik yang diiringi pengetahuan agama maupun umum.


Full Text:

PDF

References


Aini, Aida Noer, Euis Nurjanah, and Muhamad Ridwan Effendi. (2021). “Strategi Menanamkan Nilai - Nilai Akhlak Melalui Integrasi Pendidikan Nilai - Nilai Akhlak Melalui Integrasi Pendidikan.” Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi ISlam 2, no. 01

Adisusilo. (2014). Pembelajaran Nilai-Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo.Ali, Mohammad. 2018. Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zainal. (2012). Pendidikan Karakter Di Sekolah Membangun Karakter Kepribadian Anak. Bandung: Yrama Widya.

Hidayat, Nurul. (2015). “Metode Keteladanan Dalam Pendidikan Islam.” Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2.

Mz, Ihsan. (2018). “Peran Konsep Diri TERHADAP Kedisiplinan Peserta didik.” NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam 2, no. 1.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Windrati, Dyah Kusuma. (2011). Pendidikan Nilai Sebagai Suatu Strategi Dalam Pembentukan Kepribadian Peserta didik. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 1, no. 1.

Yudianto. (2014). Sumber Pendidikan Nilai. Bandung: Mughni Sejahtera.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0