Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang

Muhammad Yunan*, Rustam Ependi, Nazrial Amin

Abstract


Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs dalam upaya membentuk akhlakul karimah peserta didik saat ini sangat dibutuhkan, karena model ini menyangkut pembersihan jiwa sebelum menerima pembelajaran dari guru. Dalam konteks pendidikan Islam jiwa dan hati yang masih penuh kemaksiatan akan sulit untuk mengikuti pembelajaran sehingga berdanpak terhadap prilaku. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pendidikan tazkiyatun nafs ini dilakukan oleh para pendidik. Sedangkan metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptip, yang berusaha mengungkap dan menjelaskan fakta fakta dilapangan terhadap objek yang di teliti. Adapun yang menjadi hasil penelitian ini yaitu: Pertama, pendidikan tazkiyatun Nafs sudah berjalan di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah dengan selalu menekankan peserta didik berdoa sebelum belajar, membaca Asmaul husna,membaca Alquran sebagai pengendalian diri. Metode yang dilakukan guru adalah mujahadah An-nafs dan muhasabah An-nafs yaitu latihan dan evaluasi keadaan jiwa ataupun hati. Kedua, pada dasarnya dalam kurikulum belum ada menyebutkan model pendidikan tazkiyatun Nafs di Madrsah ini, akan tetapi dalam materi pembelajaran khususnya akidah akhlak sudah menyinggung tentang materi tazkiyatun nafs.


Full Text:

PDF

References


A.F. Jaelani. (2000). Penyucian Jiwa Dan Kesehatan Mental . Jakarta: Amzah.

Adz-Dzaky, Hamdani Bkran;. (2004). Konseling dan Psikoterapi Islam . Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Agama RI, D. (1971). Alquran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.

At Taftazani, A. A. (2012). Tasawuf Islam: Telaah Historis dan Perkembangannya,. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Azmi, I. A. (2009). “Human Capital Development and Organizational Performanc: A Focus on Islamic Perspective”. Syariah Jurnal, 357.

Bungin, Burhan;. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Labib MZ. (2001). Memaahami AjarannTasawuf. Surabaya: Bintang Usaha Jaya.

M. Jamil, MA. (2007). CakrawalaaTasawwuf, Sejarah, Pemikiranndan Kontekstualitas . Jakarta: Gaung Persada Press.

Malik, Imam;. (2005). Tazkiyat Al-Nafs (Sebuah Penyucian Jiwa) . Surabaya: eLKAF.

Muh. Room. (2006). Implementasi Nilai-nilai Tasawuf dalam Pendidikan Islam: Solusi Mengantisipasi Krisis Spiritual di Era Globalisasi . Makassar: YAPMA Makassar.

Sa'adudin, Imam Abdul Mukmin;. (2006). Meneladani Akhlak Nabi: Membangun Kpribadian Muslim,. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardar, Zainuddin;. (1985). Masa Depan Peradaban Muslim . Surabaya: Bina Ilmu.

Solihin. (2003). Tasawuf Tematik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Toriquddin, Moh;. (2008). Sekularitas Tasawuf: Membumikan Tasawuf dalam Dunia Modern, . Malang: UIN Press.

Zubaedi. (2012). Desain Pendidin Karater: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, . Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

___________________________________________________________

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.usk.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0