Pemberdayaan Madrasah: Upaya Peningkatan Kualitas Mi Nurul Iman Kabo Jaya Sangata Kutai Timur

Faelasup Faelasup

Abstract


Dengan desentralisasi, semua lembaga pendidikan menghadapi tantangan berat, yaitu menciptakan lembaga pendidikan yang represantif bagi masyarakat. Menghadapi persaingan antara sekolah dan madrasah yang sangat kuat, MI Nurul Iman Kabo Jaya perlu mengembangkan madrasah dengan menggunakan strategi yang tepat. Arah dan orientasi pengembangan madrasah ini adalah penguatan mendapatkan seluruh sumber daya madrasah dengan cara yang rasional dan sistematis, yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan tindakan dan pengendalian sehingga madrasah mampu menjadi sekolah adaptif yang memiliki kemampuan mengatasi masalah yang dihadapi. dan untuk menunjukkan kemampuan merenovasi. Hasilnya, madrasah mampu menghasilkan pendidikan yang baik secara kualitas maupun kuantitas. Pengembangan madrasah adalah upaya melakukan perubahan secara terencana, terkoordinasi, dinamis, dan berkesinambungan agar madrasah dapat mencapai tujuannya berdasarkan faktor keberhasilan yang kritis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mempotret secara menyeluruh upaya peningkatan kualitas madrasah di MI Nurul Iman Kabo Jaya Sangatta Utara, (2) mendeskripsikan strategi pengembangan MI Nurul Iman Kabo Jaya.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatannya dengan depth interview. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan model interaktif, Miles and Huberman yaitu: (1) kondensasi data (pengembunan), (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan (conclusion drawing).  Berdasarkan hasil dan analisis data, maka disimpulkan bahwa MI Nurul Iman Kabo Jaya merupakan madrasah yang mandiri dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikannya, strategi pengembangan MI Nurul Iman Kabo Jaya dengan penguatan kelembagaan dan penguatan kemitraan


Full Text:

PDF

References


Asrohah, Hanun. (2008). Pengembangan Madrasah: Potret Pengembangan Madrasah di MINU Kureksari Waru Sidoarjo, Jurnal INtelektual, No. 01. Vol. 1..

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-strategi/

Komariyah, Aan dan Cepi Triana. (2005). Visionary Leadershif Menuju Madrasah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara.

Moedjiono, Madrasah Unggul: Metodologi untuk Meningkatkan Mutu.

Poster, Cyril. (2000). Gerakan Menciptakan Madrasah Unggul, (Jakarta: Lembaga Indonesia Adil Daya.

Sallis, Edward. (2015). Total Quality Management in Education. (IRCiSoD; Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0