Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Dasar-Dasar Administrasi Pada Siswa Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Tunas Pemuda

Titik Haryanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar  terhadap Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran  Dasar-Dasar Administrasi Pada Siswa Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Tunas Pemuda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas X Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Tunas Pemuda yang berjumlah 72. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menyatakan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran  Dasar-Dasar Administrasi Pada Siswa Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Tunas Pemuda. Dari hasil uji regresi sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS 22 dihasilkan nilai persamaan regresi sebagai berikut: Y= 5,762 + 0,842 x yang artinya setiap kenaikan satu unit variabel motivasi belajar maka akan meningkatkan variabel Prestasi Belajar  Mata Pelajaran  Dasar-Dasar Administrasi sebesar 0,842. Dari hasil analisis korelasi sederhana dihasilkan nilai korelasi sederhana sebesar 0,65. variabel Prestasi Belajar  Mata Pelajaran  Dasar-Dasar Administrasi dijelaskan oleh variabel motivasi belajar sebesar 45,6% dan sisanya 54,4% dari variabel lain, seperti kemampuan guru dan sarana dan prasarana.


Full Text:

PDF

References


Darmawati, A. (2009). Analisis Motivasi Dan Pengaturan Diri Untuk Belajar Mahasiswa. Jurusan Manajemen Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi,Tidak Dipublikasikan.

Dimyati dan Moedjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jaya, F. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar. PERKORIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis. Vol 4, No. 1. Hal. 13 – 23. Diakses dari http://openjournal.unpam.ac.id/index.ph p/Pekobis/article/view/2765/2149 pada tanggal 31 Desember 2019.

Nawawi, H. (2005). Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri, Yogyakarta: UGM Press.

Poerwadarminta, W.J.S. (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Ozkan, S. (2003). The Roles of Motivational Beliefs and Learning Styles on Tenth Grade Student’s Biology Achievement. Tesis. Tidak Dipublikasikan.

Robbins, S P. (2007). Perilaku Organisasi. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siswoyo, dkk. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY PRESS.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.

Sugihartono et.al. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Winkel, W S. (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0