Political Communication Strategy for the Prosperous Justice Party (PKS) in Winning the 2019 Pekanbaru City DPRD Legislative Election
Abstract
Komunikasi politik adalah studi tentang bagaimana menciptakan, menyebarkan, dan mempengaruhi opini publik. Strategi komunikasi adalah salah satu cara untuk mengatur pelaksanaan sebuah proses komunikasi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasiuntuk mencapai suatu tujuan. Peneliti memakai pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah informan. Pemilihan sampel dengan metode purposive sampling. Instrumen penelitian adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek penelitian adalah komunikasi politik PKS. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Perencanaan strategi komunikasi politik PKS dilakukan dengan mengenal calon pemilih potensial menyusun pesan kepada calon pemilih PKS, merancang isu sesuai profil calon pemilih PKS, menetapkan metode penyampaian pesan, mengidentifikasi saluran media komunikasi yang ada untuk memilih media yang paling tepat dan relevan, dan melakukan pertemuan langsung dengan calon pemilih. Pelaksanaan strategi komunikasi politik PKS Pekanbaru yaitu dengan melaksanakan program “gemar silaturahim tokoh/tetangga/kerabat” yang disingkat dengan GESIT; juga dengan awareness, interest, desire, action, dan satisfaction
Full Text:
PDFReferences
Anwar, R. (2019). Assessing the Effectiveness of Political Campaigns in a Public Relations Perspective. ETTISAL Journal of Communication Vol. 4, No. 1, 68.
Ardha, B. (2014). Social Media as a 2014 Political Party Campaign Media. Vision Communication Journal Volume 13, No. 01, May 2014: 105-120, 106.
Canara, H. (2011). Political Communication, Concepts, Theories, and Strategies. Jakarta: PT. King of Grafindo Persada.
Effendy, Onong, Uchjana. (2007). Communication Studies (Theory and Practice). Bandung: PT. Rosdakarya youth
Mufti, Muslim. (2013). Theories of Democracy. Bandung: Faithful Pustaka CV
Ngato, A., Pati, A., & Egeten, M. (2019). Winning Strategy for Democratic National Party Legislative Candidates for the 2014-2019 Period in Morotai Island Regency. Executive Journal, 3(3), 1–11.
Palupi, Nike Dwi. (2020). Bambang Kusriyanto's Political Communication Strategy in the 2019 General Election for Members of the Central Java Provincial DPRD. Semarang State University
Pujono. (2016). Political Marketing and Communication Strategy to Win Legislative Nominee's Competition within Golkar Party in General Election 2014. The Third International Conference on Law, Business and Government : University of Bandar Lampung (UBL) Indonesia
Siregar, Fahmi Azhary. (2020). PKS Image Management in the 2019 Election. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Strömbäck, Jesper and Spiro Kiousis. (2014). Strategic Political Communication in Election Campaigns. Research Gate
Susanto Aw. (2010). Socio-Cultural Communication. Yogyakarta: Science Graha
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24607
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0