Implementasi Metode Talaqqi dalam Mempercepat Kemampuan Baca Al-Qur’an di MAN Seluma Kabupaten Seluma

Desi Wulandari*, Alimni Alimni, Anisaul’ul Qoni’ah

Abstract


Tujuan Idari Ipenelitian Iini Iadalah Iuntuk Imendeskripsikan Ibagaimana Imetode Italaqi Iyang Idigunakan Idi IMAN ISeluma IKabupaten ISeluma IIndonesia Iuntuk Imempercepat Imembaca IAl-Qur'an Isiswa. IPemahaman Ibacaan IAl-Qur'an Isiswa Imemiliki Idampak Iyang Isignifikan Iterhadap Ikemampuan Imereka Iuntuk Imempelajari Iteks, Imenjadikan Iteknik Iini Isalah Isatu Imetode Iyang Idiperlukan Iuntuk Imenilai Idan Imengurutkan Itingkat Ipemahaman Ibacaan Isiswa. IPenelitian Iini Imerupakan Ipenelitian Ikualitatif Ideskriptif, Idengan Idata Ipendukung Iyang Iberasal Idari Iwawancara, Isurvei, Idan Idokumen. ISekitar I20 Idari I56 Iorang Iyang Imengikuti Imetode Italaqqi Iini Idipilih Isecara Iacak Iuntuk Iberpartisipasi Idalam Ipenelitian Iini, Ioleh Ikarena Iitu Iumpan Ibalik Idan Ipendapat Imereka Idigunakan Iuntuk Imenyusun Ilaporan Iini. IGuru ITahsin Imenerapkan Ibahasa Idi Ikelas Idan Ipelajaran Iekstra Ikurikuler Imenggunakan Iiqra', Ikhutbah, Idan Ilatihan Iklasikal Isetelah Isiswanya Iberangkat Ihari Iitu.

Full Text:

PDF

References


Adhib Surya, I. (2020). Penanaman Karakter Melalui Tradisi Ro’an Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al-Hasan Ponorogo. 1–68.

Anwar, A. (2016). Karakteristik Pendidikan Dan Unsur-Unsur Kelembagaan Di Pesantren. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 2(2), 165. https://doi.org/10.24014/potensia.v2i2.2536

Atmawarni. (2022). Penerapan pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian santri di pesantren. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 10(1), 1–5. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Keguruan/article/download/5038/3610

Ayuningtias, R. (2021). Makna Komunikasi Non Verbal Santri Dalam Tradisi Ta ’ Dzim Kepada Kyai Di Pondok. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fijriah, H., & Ellisa, E. (2022). the Role of “Ngalap Barokah” in Rapid Urban Development: Case Study of Tebuireng, Jombang. Journal of Islamic Architecture, 7(2), 233–242. https://doi.org/10.18860/jia.v7i2.16385

Hujulatif, A., & Ainun Naim, C. (2021). Nilai Tasawuf Pesantren dan Tradisi Syawir Sebagai Strategi Cultural Protection dari Lone-Wolf Terrorism Adha Hujatulatif Chanif Ainun Naim. 20(2). https://doi.org/10.18592/al-banjari.v20i1.4759

Humaidi, Ulum Wahid, Z., Juni Wardani, D., & A’yunnisa, Q. (2017). Tradisi Tahlilan : Potret Akulturasi Agama dan Budaya Khas Islam Nusantara. KONTEKSTUALITAJurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 33(1), 78–95. http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/Kontekstualita/article/view/31/11

Mulyono, & Nuhe, A. (2022). Manajemen Pendidikan Madrasah Berkarakter melalui Program Gefa dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6395–6403.

Pohan, R., Fitrianti, L., & Hidayah Siregar, R. (2017). Program Mushafahah (Bersalaman) Sebagai Upaya Character Building Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Swasta Pekanbaru. BELAJEA : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–20.

Siti Rahma Harahap. (2020). Proses Interaksi Sosial Di Tengah Pandemi Virus Covid 19. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 11(1), 45–53. https://doi.org/10.32505/hikmah.v11i1.1837

Wattini, Mudana, I. W., & Margi, I. K. (2019). Pola Interaksi Santri Pondok Pesantren Hidayahtullah di Perumahan Jalak Putih Singaraja sebagai Media Pembelajarn Sosiologi. E-Journal Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha, 1(2), 172–182.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0